Pelatihan Viktimologi Unsoed Diikuti 72 Peserta dari Seluruh Indonesia

Ditulis 21 Sep 2016 - 07:19 oleh Banyumas1

peserta-pelatihan-viktimologi-unsoedBanyumasNews.com, PURWOKERTO – Pelatihan Viktimologi Indonesia yang digelar Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Jawa Tengah, mendapatkan animo yang sangat besar dari pengajar viktimologi dari seluruh Indonesia. Tidak kurang 72 peserta mengikuti pelatihan yang baru pertama kali digelar di Unsoed tersebut. Pelatihan ini juga memiliki fungsi strategis untuk menciptakan standar kurikulum viktimologi di Indonesia dan pembentukan Asosiasi Pengajar Viktimologi di Indonesia.

Pelatihan Viktimologi Indonesia digelar Fakultas FH Unsoed bekerja sama dengan International Relation Office (IRO) Unsoed dan World Society of Victimology dengan tema “The Role Of Victimology in Strengthening the Rights and Positions of  Victims in Criminal Justice System”, pada Senin – Selasa (19 – 20 September 2016) di Conference room, Gedung Yustitia 2 lantai 2, Fakultas Hukum, Unsoed,Purwokerto

Pelatihan Viktmologi Indonesia merupakan upaya Fakultas Hukum Unsoed menujukkan eksistensi secara nasional dalam memberikan kontribusii perkembangan sumber daya manusia, khususnya bagi dosen dalam meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang viktimologi.

Pada Pelatihan Viktimologi Indonesia sepakat membentuk Asosiasi Pengajar Viktimologi Indonesia (APVI) dengan ketua Dr. Angkasa, SH, M.Hum. (Dekan FH Unsoed) dan sekrtetaris Heru Susetyo, SH., LLM, M.Si, Ph.D (Universitas Indonesia)

Tampil sebagai pengajar atau pembicara PVI (Pelatihan Viktimologi Indonesia) dari dalam negeri Abdul Haris Semendawai, SH, LLM (Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban / LPSK), Prof.H.Iswanto, SH (FH Unsoed), Prof. Dr. Arif Amrullah, SH.,M.Hum (Universitas Jember), Prof.Fachri Bey, SH, MM, Ph.D. (Universitas Indonesia), Dr. Angkasa, SH, M.Hum. (Dekan FH Unsoed), Heru Susetyo, SH., LLM, M.Si, Ph.D (Universitas Indonesia), Dr. Noor Rochaeti, SH., MHum (UNDIP), Dr.Elfina Lebrine Sahetapy, SH., LL.M.

Dalam sambutan saat pembukaan pelatihan, dekan FH Unsoed Dr .Angkasa,SH,M.Hum. mengatakan dasar pemikiran kegiatan pelatihan dimana saat ini hampir di seluruh program studi terutama  Ilmu Hukum pada Fakultas Hukum maupun Sekolah Tinggi Hukum di Indonesia telah mengajarkan mata kuliah Viktmilologi, namun di sisi lain substansi materi kuliah tampaknya masih beragam dan dukungan referensi Viktmimologi secara nasional masih terbatas.

“Untuk itulah kami dari panitia  yang sebagian besar sudah pernah mengikuti pelatihan semacam ini khususnya di Tokiwa University Japan dan juga keikutsertaan dalam berbagai Internasional Symposium bidang Viktimologi, maupun pemerhati serta periset Viktimologi memberanikan diri untuk melakukan pelatihan viktimologi ini”, kata Angkasa.

Angkasa berharap out put pelatihan bagi peserta terutama yang berprofesi sebagai dosen viktimologi, akan memperoleh tambahan materi Viktimologi secara sistematis yang nantinya layak diberikan sebagai materi mata kuliah viktimologi khususnya pada mahasiswa S1. (BNC/ist)

Tentang Penulis

Leave A Response