Tanah Longsor Timpa Rumah Karsono di Desa Besuki Lumbir

Ditulis 18 Sep 2016 - 12:35 oleh Banyumas1

longsor-lumbir-2BanyumasNews.com, LUMBIR – Hujan deras yang terjadi pada Sabtu, 17 September 2016 di wilayah Banyumas mengakibatkan longsor di grumbul Kroya, Desa Besuki Rt 04/02, Kecamatan Lumbir, Kabupaten Banyumas yang menimpa rabat beton / tanah milik Karsono (40 th). Kejadian tersebut diketahui sekitar pukul 05.30 WIB.

Dari informasi yang berhasl dihimpun kronologi kejadian longsor di Grumbul Kroya Desa Besuki dikarenakan hujan yang mengguyur wilayah Kecamatan Lumbir sehingga mengakibatkan jalan rabat beton/tanah yang berada di belakang rumah Karsono mengalami longsor dan jalan rabat beton mengalami retak-retak. Tinggi tanah longsor kurang lebih 3 meter degan panjang kurang lebih 4 meter.

Baca: Waspadai Potensi Hujan Lebat September 2016

Longsor tersebut dikarenakan tanah tebing yang berada di belakang rumah sebagai jalan rabat beton kondisi tanahnya labil dan posisi miring sehingga mengakibatkan longsor. Dengan kejadian tersebut untuk sementara Karsono masih tinggal di rumah, karena yang tertimpa longsor hanya dibagian pagar dapur. Namun demikian Karsono dihimbau untuk lebih waspada karena curah hujan yang masih tinggi dan kondisi di belakang rumah adalah tanah tebing.

Warga dan TNI dari Koramil Lumbir bahu-membahu memperbaiki jalan di Besuki Lumbir (ist)

Warga dan TNI dari Koramil Lumbir bahu-membahu memperbaiki jalan di Besuki Lumbir (ist)

Tidak ada kerugian jiwa dalam kejadian tersebut, namunkerugian material diperkirakan sekitar 5 juta rupiah. Atas kejadian tersebut, anggota Koramil Lumbir bersama warga mendatangi lokasi kejadian untuk melaksanakan Karya Bhakti dan menghimbau warga setempat untuk lebih waspada kemungkinan adanya longsor susulan terkait curah hujan yang masih tinggi dan kondisi tanah yang labil. (BNC/nan)

Tentang Penulis

Leave A Response