Gus Sholah: Roh jihad di NU sudah menipis

Gus Sholah
Gus Sholah

MAGELANG – Salah satu kandidat ketua umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Sholahudin Wahid yang akrab dipanggil Gus Sholah mengatakan roh jihad di organisasi NU sudah menipin dan mutu organisasi kurang baik. Otokritik adik Gus Dur (alm) itu disampaikannya dalam Diskusi Panel dan Interaktif ”Kepe-mimpinan NU yang Efektif dan Transformatif Menyongsong Muktamar NU ke-32” di Hotel Puri Asri Kota Magelang, Minggu (21/2). Ia tampil bersama kandidat lain Slamet Efendy Yusuf.

Lebih lanjut Gus Sholah mengatakan, NU masih memakai paradigma lama. Selain itu masih berorientasi pada orpol yang bernuansa pragmatis, dan tidak berorientasi amal usaha sosial.

”Roh jihad sudah menipis dan mutu organisasi yang kurang baik, saya sangat prihatin,” kata adik Gus Dur itu.

Karenanya ia menawarkan konsep penataan NU di masa mendatang, di antaranya dengan perbaikan organisasi, yakni mengubah paradigma dari orpol menjadi ormas keagamaan, menghilangkan pragmatisme dalam bentuk politik uang. Selain itu yakni menumbuhkan kembali roh jihad yang sudah merosot.

”NU harus aktif berpolitik kebangsaan berdasar nilai-nilai kemanusiaan, bukan po-litik kepartaian atau ke-kuasaan,” ujarnya.(BNC/Ist/wd)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.