Pengikut Islam Aboge Rayakan Idul Adha Rabu 14 September 2016

Ditulis 13 Sep 2016 - 06:16 oleh Banyumas1

abogeBanyumasNews.com, PURBALINGGA – Berbeda dari mayoritas umat Islam yang merayakan Idul Adha pada Senin, 12 September 2016, pengikut Islam Aboge (Alif Rebo Wage) di Desa Onje, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, baru akan melaksanakan shalat Idul Adha pada hari Rabu pahing, 14 September 2016.

Dikutip Antara, sesepuh Islam Aboge Desa Onje Kiai Maksudi megatakan dalam penanggalan Aboge, tanggal 1 Muharam 1437 Hijriah jatuh pada hari Jumat Pon sedangkan untuk menentukan tanggal 1 Zulhijah menggunakan hitungan ‘Jahpatji (Zulhijah Papat Siji)’. “Artinya 1 Zulhijah jatuh pada hari keempat dan pasaran pertama,” katanya.

Menurut dia, tanggal 1 Muharam 1437 Hijriah dijadikan patokan untuk menentukan hari-hari besar Islam oleh pengikut Islam Aboge.  Dalam hal ini, kata dia, Jumat menjadi hari pertama tahun 1437 Hijriah dan Pon menjadi pasaran pertamanya sehingga berdasarkan hitungan “Jahpatji”, tanggal 1 Zulhijah jatuh pada hari Senin Pon (5/9).

“Hari pertamanya Jumat, kedua Sabtu, ketiga Minggu, dan keempat Senin. Oleh karena Hari Raya Idul Adha itu dirayakan pada tanggal 10 Zulhijah, maka Islam Aboge akan merayakannya pada hari Rabu Pahing (14/9),” jelasnya.

Kiai Masduki  mengatakan hitungan Aboge telah digunakan sejak zaman Sultan Agung dari Kerajaan Mataram pada tahun 1288 dan masih digunakan masyarakat Jawa hingga sekarang. Menurutnya perbedaan penentuan Hari Raya Idul Adha dengan tanggal yang ditetapkan oleh pemerintah, yakni 12 September bukanlah suatu permasalahan, karena yang berbeda hanyalah cara untuk menentukannya.

“Kami tetap melaksanakan syariat dan akidah agama seperti umat Islam lainnya,” kata Maksudi.

Baca : Perayaan Berbeda Hari Raya Sering terjadi di Banyumas

Pengikut Islam Aboge diketahui menyebar di beberapa desa di tlatah Banyumas. Selain di Purbalingga, komunitas Islam Aboge juga terdapat di Kabupaten Banyumas yang tersebar di sejumlah desa antara lain di Desa Kracak, Ajibarang, Desa Cibangkong, desa Cikakak, dan desa Tambaknegara.

Disebut-sebut pengikut Islam Aboge merupakan peninggalan Raden Rasid Sayed Kuning dari Kerajaan Pajang. Di desa Onje terdapat masjid yang dikenal sebagai Masjid Sayid Kuning. Di masjid itulah penganut Islam Aboge desa Onje melakasnakan sholat Idul Adha. (BNC/ist/ANT/foto: sholat ied pengikut Islam Aboge di Cikakak_republika)

Tentang Penulis

Leave A Response