Siaga Libur Idul Adha, Polres Banyumas Kerahkan 300 Personil

Ditulis 08 Sep 2016 - 14:59 oleh Banyumas1

img-20160908-wa0029BanyumasNews.com, PURWOKERTO – Jajaran Kepolisian Resor Banyumas melaksanakan Apel Siaga dalam menghadapi Libur Panjang Idul Adha tanggal 9 sd 12 September 2016 menyiagakan sepertiga kekuatan untuk mengamankan perayaan Idul Adha 1437 H.

Apel gelar pengamanan ini diikuti oleh 300 personel Polri, Kodim, Satpol PP dan instansi terkait, diselenggarakan secara serentak di wilayah Polda Jateng, bertujuan untuk mengecek kesiapan akhir Pengamanan Hari Raya Idul Adha 1437 hijriah tahun 2016 terutama terkait dengan kekuatan personel, kelengkapan peralatan, dan sarana prasarana sebelum melaksanakan tugas di lapangan.

Kapolres Banyumas AKBP Gidion Arif Setyawan S.Ik, SH, M.Hum dalam amanatnya menjelaskan bahwa melalui apel pengecekan ini diharapkan rencana kegiatan yang telah dipersiapkan dengan matang dan cermat, dapat dilaksanakan secara baik dan mampu mendorong sinergitas seluruh stakeholders sehingga penyelenggaraan pengamanan hari raya idul adha 1437 hijriah tahun 2016 dan antisipasi libur panjang dapat berjalan dengan sukses.

“Kita semua berharap masyarakat di wilayah Kabupaten Banyumas dapat merayakan Hari Raya Idul Adha secara aman, nyaman, tertib dan penuh khidmat”, kata Kapolres.

Perayaan Hari Raya Idul Adha atau yang lazim disebut hari raya qurban bagi masyarakat Indonesia mempunyai karakteristik yang khas, karena bukan hanya sebagai momentum perayaan keagamaan tetapi sudah berkembang menjadi bagian tradisi atau budaya, sehingga datangnya Hari Raya Idul Adha setiap tahunnya selalu disertai dengan peningkatan aktivitas masyarakat melaksanakan mudik ke kampung halaman untuk melakukan kegiatan silahturahim dengan sanak saudara.

Aktivitas masyarakat yang meningkat ini, tentu mempunyai implikasi terhadap arus pergerakan orang dan barang, mobilitas transportasi serta transaksi perekonomian di seluruh penjuru tanah air, baik pada waktu menjelang, pada saat maupun setelah hari raya Idul Adha.

Peningkatan aktivitas masyarakat dan pergerakan perpindahan orang dan barang, dalam menyambut perayaan Idul Adha akan menjadi gangguan kamtibmas apabila tidak kita kelola dengan baik. Beberapa aktivitas masyarakat yang perlu kita perhatikan adalah pelaksanaan kegiatan takbiran, sholat idul adha dan pemotongan hewan qurban.

Kegiatan transaksi belanja, mudik, rekreasi atau wisata serta kegiatan distribusi bahan pokok masyarakat dan BBM. Sedangkan permasalahan kamseltibcar lantas yang harus kita atasi karena adanya peningkatan volume arus lalu lintas kendaraan dan barang yaitu kemacetan dan kecelakaan lalu lintas.

Dengan dilaksanakan Apel Gelar Pengamanan ini diharapkan mampu mewujudkan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang melaksanakan kegiatan perayaan Hari Raya Idul Adha, baik pada saat kegiatan takbir, sholat Idul Adha, pemotongan hewan qurban, berwisata maupun berbagai aktivitas lainnya. (BNC/Nan)

Tentang Penulis

Leave A Response