Besok Cilacap dinilai Tim Pemprov untuk Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Ditulis 22 Feb 2010 - 13:34 oleh Banyumas1
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
94
Dalam Tag

CILACAP – Kabupaten Cilacap masuk 6 besar pelaksana terbaik kategori Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Lingkungan Bersih Sehat (LBS) di Jawa Tengah. Guna penilaian lebih lanjut, besok Selasa (23/02)  akan dinilai oleh Tim Tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Menurut Wakil Ketua I Tim Penggerak PKK Kabupaten Cilacap, Hj. Tety Suwarto Pamuji, dalam penilaian tersebut, Kabupaten Cilacap akan diwakili oleh Kelurahan Gumilir Kecamatan Cilacap Utara dalam penilaian kategori LBS dan Kelurahan Sidakaya Kecamatan Cilacap Selatan dalam kategori PHBS.

Dipilihnya kedua Kelurahan tersebut mewakili Cilacap didasarkan pada kondisi lingkungan Kelurahan Sidakaya maupun Kelurahan Gumilir yang selalu terjaga kebersihannya, warga masyarakatnya yang telah terbiasa dengan pola hidup bersih dan sehat, telah tersedianya sarana dan prasarana kesehatan yang memadai maupun telah tercukupinya kebutuhan lainnya yang bersifat mendasar.

Kondisi ini juga didukung oleh berbagai kegiatan unggulan yang ada, seperti telah dibentuknya Posyandu Model, Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD), pengelolaan dana sehat swadaya masyarakat dengan cara dilakukan jimpitan dan pembentukan kelompok lansia yang melakukan berbagai kegiatan yang terkait dengan kesehatan.

Bahkan Kelurahan Sidakaya ditetapkan sebagai percontohan PHBS di Kabupaten Cilacap. (BNC/ist/humas-vb)

Tentang Penulis

Leave A Response