Gali Potensi, Pramuka Banyumas Gelar Sarasehan dan Ulang Janji

Ditulis 15 Agu 2016 - 09:55 oleh Banyumas1

sarasehan pramuka banyumasBanyumasNews.com, PURWOKERTO – Menyongsong peringatan Hari Pramuka ke 55, Kwarcab Banyumas menggelar sarasehan dan ulang janji. Kegiatan dilaksanakan Sabtu (13/8/2016) di Pendopo Kwarcab Banyumas. Sarasehan dan ulang janji diikuti oleh Pengurus Kwarcab, Andalan Cabang, Mabigus, Himprada, DKC, Unit DKC, perwakilan saka dan ambalan. Sarasehan mengangkat tema “Satuan Karya” dipimpin oleh Ketua Kwarcab Banyumas Drs Achmad Supartono, M.Si.

Sekretaris kwarcab H Pujatman Agung Nugroho, SE selaku penyelenggara mengatakan kegiatan sarasehan dan malam ulang janji untuk memperingati hari pramuka ke-55 tahun. “Kegiatan sarasehan dan ulang janji dilaksanakan untuk evaluasi, fasilitasi, dan menggali potensi pramuka di Banyumas,” kata Agung.

Peserta sarasehan dan janji ulang Kwarcab BanyumasSedangkan Ketua Kwarcab Achmad Supartono mengatakan, Kwarcab Banyumas terdapat 13 Satuan Karya Pramuka antara lain Saka Wirakartika, Saka Bhayangkara, Saka Kalpataru, Saka Kencana, Saka Bhakti Husada, Saka Wanabakti, Saka Bahari, Saka Taruna Bumi, Saka Pandu Wisata, Saka Dirgantara, Saka Talamatika dan lainya.

Partono berharap anggota pramuka penegak dan pandega mengikuti kegiatan saka yang  sesusai dengan hobi yang dimiliki. “Setiap saka mempunyai kecakapan khusus, sesuai kesakaaanya, sehingga pramuka dapat menyalurkan bakatnya melalui saka tersebut, sehingga kedepan apabila sudah mengikuti pelatihan saka yang satu bisa mengikuti pelatihan,” kata Supartono.

Partono menambahkan, dengan memberi kesempatan masuk berbagai saka, maka anggota pramuka akan semakin bertambah ilmu dan pengetahuan. “Lebih baik tau banyak walaupun sedikit, dibandingkan tau banyak hal khusus tetapi sedikit bidangnya, dan nantinya tidak ada ego kesakaan,” tambahnya.
Setelah dilaksanakan Sarasehan, diadakan acara ulang janji yang merupakan malam sakral bagi anggota Pramuka. Ulang janji dipimpin oleh Sekretaris Kwarcab Pujatman Agung Nugroho.

pramuka banyumasPembina upacara memandu, mengucapkan janji Trisatya, yang diikuti peserta upacara. Dengan memegang ujung sang merah putih yang diletakan didada kiri, untuk menunjukan bahwa selama jantung ini masih berdetak kita masih mempunyai tanggung jawab untuk janji yang telah diucapkan. Sebelumnya petugas pembawa obor saling bergantian mengucap dasa darma pramuka.

Setelah acara ulang janji selesai, semua peserta upacara saling berjabat tangan antara sesama anggota pramuka untuk lebih mengeratkan rasa tali persaudaraan. (Liputan : Nova Putri Nurhidayat dan Ananda Rizky Pratama
Edit : Parsito)

Tentang Penulis

Leave A Response