Festival Kentongan Purwokerto kolaborasi dengan DJ

Ditulis 13 Agu 2016 - 16:52 oleh Banyumas1

kostum festival kentongan makin kreatifBanyumasNews.com, PURWOKERTO- Kota Purwokerto Sabtu malam 13 Agustus 2016 akan kembali dimeriahkan Festival Kentongan menyambut HUT RI ke-71. Ada 12 group kentongan perwakilan dari pemenang tingkat kecamatan dan 5 group eksibisi, sehingga total peserta ada 17 group.

Yang menarik pada festival kentongan tahun 2016 ini adanya pertunjukan kolaborasi DJ (disc jockey) dengan musik kentongan. Festival digelar mulai pukul 20.00 WIB, start dari alun-alun Purwokerto menyusuri Jl Jendral Sudirman menuju garis finish di Posis.

Rustin Herawati, Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Banyumas, mengatakan 17 grup yang tampil diambil dari seleksi di alun-alun Banyumas 6 group dan di alun-alun Jatilawang 6 group. Sedangkan 5 group eksibisi berasal dari kantor OJK, TNI, Polri, Bank Jateng dan Semen Bima.

Peserta grand final dari seleksi di alun-alun Banyumas adalah Juara I Purwokerto Selatan, Juara II Purwokerto Timur, Juara III Sumpiuh, Harapan I Sumbang, Harapan II Kembaran, dan Harapan III Kemranjen.

Sementara dari seleksi di alun-alun Jatilawang, Juara I Kedungbanteng, Juara II Wangon, Juara III Jati Lawang, Harapan I Rawalo, Harapan II Gumelar dan Harapan III Ajibarang. Total peserta 17 group sesuai dengan hari kemerdekaan.

Festival kentongan yang sudah berlangsung puluhan tahun dinilai cenderung monoton Karena itu tahun ini ke-17 group kentongan akan dikolaborasikan dengan musik modern dari DJ sebagai acara pembuka. Kolaborasi menyuguhkan tiga buah lagu yakni Mars 45, Egat-egot dan 17 Agustus atau lagu kebangsaan.

Selesai kolaborasi masing-masing peserta menunjukan kebolehannya di display yang sudah disiapkan selama 5 menit untuk unjuk kebolehan.

Acara juga dimeriahkan dengan kembang api di dua titik, yakni titik start dan finish. (BNC/ist)

Tentang Penulis

Leave A Response