Bupati Banyumas terima penghargaan Manggala Karya Kencana

Ditulis 11 Agu 2016 - 20:18 oleh Banyumas1

logo banyumasBanyumasNews.com, PURWOKERTO – Prestasi Banyumas kembali diakui pemerintah pusat. Bupati Banyumas Ir Achmad Husein menerima penghargaan dari Presiden RI, kali ini dalam bidang Keluarga Berencana (KB) berupa Penghargaan Manggala Karya Kencana 2016. Penghargaan tersebut diberikan karena Bupati dipandang layak atas dukungan dan komitmennya terhadap program KB di Kabupaten Banyumas.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga (Bapermas PKB) Kabupaten Banyumas Drs Taefur Arofat M.Pdi menjelaskan penghargaan seharusnya diserahkan Presiden kepada Bupati Banyumas pada pengingatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-23 tahun 2016 tingkat Nasional, Kamis (28/7/2016) di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Namun karena Bapak Bupati berhalangan hadir karena tidak mendapatkan tiket perjalanan, penghargaan diserahkan oleh Kepala BKKBN Dr Surya Chandra Surapaty MPH PhD pada Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-23 Tingkat Provinsi Jateng dan Peringatan Hari Anak Nasional, Rabu (10/8/2016) di Alun-alun Boyolali,” jelasnya.

Komitmen Bupati itu antara lain, kebijakan terhadap personil Petugas Lapangan (PLKB), dimana Bupati menambah PLKB dari PNS Sekretaris Desa. “Selain itu keberhasilan penurunan kematian ibu, dan MOU pelayanan KB Gratis dengan rumah sakit swasta juga mendapat point tinggi,” tambah Taefur.

Dengan program program tersebut laju pertumbuhan penduduk di Banyumas dapat ditekan, mengingat penduduk Banyumas sudah mencapai 1,65 juta jiwa. Taefur menambahkan, hingga akhir Juli 2016 data peserta KB Baru di Kabupaten Banyumas mencapai 24.134 akseptor. Peserta KB Baru ini terdiri dari Akseptor Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) sebanyak 8.010 akseptor dan non MKJP sebanyak 16.124 akseptor.

Selain Penghargaan Bupati, prestasi lain yang telah diraih Banyumas pada Hari Keluarga Nasional Tingkat Jawa Tengah itu, yaitu Penghargaan Lomba pidato Kependudukan Kelompok Remaja meraih Juara II atas nama Bifi Kartika Muana Aji dan Juara II Kelompok Dewasa Muda diraih oleh Septi Wahyuningsih. “Keduanya anggota Pusat Informasi Konseling Remaja Youth Center Universitas Muhamadyah Purwokerto (UMP),” jelas Taefur.

Pada Kegiatan ini Bapermas PKB juga membuka stand pameran, produk produk Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) binaan. Mendoan Banyumas sangat menarik pengunjung. Berbagai makanan ringan olahan termasuk mendoan ikut dipamerkan dan dijual. “Satu mendoan dijual Rp 2.500, kita behasil menjual 400 biji dalam waktu singkat,” kata Iteng salah satu petugas stand. (BNC/Pars)

 

 

Tentang Penulis

Leave A Response