Ekspedisi Soedirman VI Membawa Misi Budaya

Ditulis 03 Agu 2016 - 07:36 oleh Banyumas1

tim ekspedisi soedirman viBanyumasNews.com, PURWOKERTO – Selain mendaki puncak gunung tropis tertinggi di dunia dan menjadi pendaki Indonesia pertama yang mendaki Nevado Huascaran, ekspedisi ini membawa misi mengenalkan budaya Indonesia, meliputi makanan khas, kesenian, dan tempat wisata. Menurut Alief Einstein, Staf Ahli Rektor Unsoed Bidang Humas, kegiatan pengenalan budaya ini akan dilaksanakan di Universitas San Marcos, dibantu oleh staf KBRI Lima, Peru.

Ekspedisi Soedirman VI akan melakukan momen  bersejarah, yaitu pengibaran sang saka Merah Putih untuk dikibarkan dengan gagah di Mt Huascaran, Puncak Gunung Tropis tertinggi dunia pada HUT RI yang ke 71, 17 Agustus 2016 nanti, menandai tim pertama dari Indonesia yang menaklukan gunung tropis tertinggi di dunia itu.

Kenapa Mendaki Mt. Huascaran di Peru?

huascaran peru mapala unsoedHuascaran adalah Gunung tertinggi di Peru ( 6.768 Mdpl), The Highest Tropical Mountain in The World (Gunung Tropis Tertinggi di Dunia). Titik di bumi dengan nilai percepatan gravitasi terendah. Dengan kata lain puncak tertinggi di bumi jika dihitung dari pusat bumi. Jika berhasil mencapai puncak maka kami akan menjadi orang Indonesia pertama yang dapat memuncaki Mt.Huascaran.

Jadwal Tim Ekspedisi Soedirman VI

Tanggal 01 Agustus 2016 Pelepasan Ekspedisi Soedirman VI,
Tanggal 02 Agustus 2016 Atlet Ekspedisi Soedirman VI ke Jakarta,
Tanggal 04 Agustus 2016 berangkat dari Jakarta International Airport (Soekarno-Hatta) menuju Lima (Peru),
Tanggal 06 Agustus 2016 sampai di Peru.

Ditambahkan Einstein, Ekspedisi Soedirman merupakan sebuah mimpi anggota terdahulu untuk eksistensi organisasi dalam kancah internasional.  Mimpi tersebut berupa pendakian tujuh puncak tertinggi dunia (seven summit).  Namun dalam pelaksanaannya, ekspedisi tersebut diawali dengan ekspedisi di wilayah nusantara yang dijadikan sebagai pendobrak terlaksananya seven summit tersebut.

Unit Pandu Lingkungan  Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Jenderal Soedirman (UPL MPA Unsoed), Purwokerto Jawa Tengah bersiap mewujudkan raihan prestasi berikutnya Ekspedisi Soedirman VI (ES VI). Sebelumnya beberapa torehan membanggakan telah diraih diantaranya Pendakian Mt. Elbrus Russia 2005, Mt. Kilimanjaro Tanzania 2009 dan Mt. Cartensz Pyramide Papua 2012.

“Berbekal pencapaian tersebut, UPL MPA Unsoed kembali berhasrat untuk mengibarkan sang saka merah putih dan bendera almamater Universitas Jenderal Soedirman di puncak tinggi dunia yaitu Mt. Huascaran di Peru”, kata Einstein. (BNC/ist)

Tentang Penulis

Leave A Response