Gubernur Jateng dukung Ekspedisi Soedirman VI ke Puncak Mt Huascaran Peru

Ditulis 27 Jul 2016 - 07:24 oleh Banyumas1

huascaran peru mapala unsoedBanyumasNews.com, PURWOKERTO – Unit Pandu Lingkungan Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Jenderal Soedirman (UPL MPA Unsoed) tengah bersiap mewujudkan torehan di kancah internasional, dengan hasrat menancapkan bendera merah putih dan bendera almamater Unsoed di pincak tinggi dunia, Mt Huascaran Peru, dalam Espedisi Soedirman VI (ES VI).

Ir Alief Eisntein, M.Hum, staf ahli rector bidang Humas mengatakan, Ekspedisi Soedirman merupakan mimpi anggota terdahulu untuk eksistensi organisasi dalam kancah internasional.  “Mimpi tersebut berupa pendakian tujuh puncak tertinggi dunia (seven summit).  Namun dalam pelaksanaannya, ekspedisi tersebut diawali dengan ekspedisi di wilayah nusantara yang dijadikan sebagai pendobrak terlaksananya seven summit tersebut”, katanya.

Menurutnya, sebelum ini beberapa torehan membanggakan telah diraih diantaranya Pendakian Mt. Elbrus Russia 2005, Mt. Kilimanjaro Tanzania 2009 dan Mt. Cartensz Pyramide Papua 2012.

Tim Eskpedisi Soedirman VI diterima Gubernur Ganjar Pranowo (ist)

Tim Eskpedisi Soedirman VI diterima Gubernur Ganjar Pranowo (ist)

Tim Ekspedisi Soedirman VI, terdiri dari panitia beserta atlet, yaitu Reza Kunarto (FH 2012) selaku Ketua Ekspedisi Soedirman VI, Eka Yuni Astuti (FIB 2013) Sekretaris, Dwi Novian Arbi (FH 2012) Atlet, Aji Kurniawan (FEB 2012) Atlet, Arizal Maulana (FH 2014) Atlet) telah bertemu dengan Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP, pada hari Jum’at (22 Juli 2016) di Rumah Dinas Gubernur Puri Gede, Semarang.

Dalam audiensi tersebut Tim ES VI didampingi oleh dua perwakilan dari Unsoed yaitu Dr.Agus Nuryanto,M.Si. (Wakil Dekan Bidang Kemahasiwaan dan Alumni Fakultas Biologi) dan Ir.Alief Einstein,M.Hum (Staf Ahli Rektor Bidang Humas).  Tujuan audiensi untuk mohon dukungan demi kelancaran kegiatan Ekspedisi Soedirman VI.

Reza Kunarto, selaku Ketua Ekspedisi Soedirman VI mengatakan tim bertemu dan mempresentasikan Ekspedisi Soedirman VI kepada Gubernur. Di awal presentasi, ia memperkenalkan profil UPL MPA UNSOED / tim Ekspedisi Soedirman VI dan program ekspedisi yang telah dan akan dilaksanakan mulai dari Ekspedisi Soedirman I sampai VI.

“Setelah selesai Pak Gubernur memberikan beberapa wejangan untuk kami dimulai dari persiapan latihan dan juga finansial.  Di akhir kami memaparkan bahwa kami sangat meminta dukungan dari Pak Gubernur dan disetujui.  Pak Gubernur juga menceritakan beberapa pengalaman kerap mendaki berbagai gunung karena beliau juga pernah menjadi ketua mapala Fakultas Hukum UGM dimulai dari Gunung Slamet yang kebetulan juga didampingi oleh UPL MPA Unsoed pada saat itu”, ungkapnya.

Ekspedisi Soedirman VI akan dilaksanakan Agustus mendatang.  Dalam misi kali ini, Tim akan membawa nama Almamater, Jawa Tengah, dan juga Indonesia dalam memperkenalkan budaya Indonesia dan akan menjadi orang Indonesia pertama yang mendaki Huascaran sebagai gunung tertinggi di Peru. (BNC/ist)

Tentang Penulis

Leave A Response