Demi Pengetan Jumenengan R Djaka Kaiman, Kepala BI Purwokerto rela perpendek libur lebaran

Ditulis 13 Jul 2016 - 14:48 oleh Banyumas1

Deny PrakosaDemi perhelatan Pengetan Jumenengan Adipati Mrapat R Djaka Kaiman, Ramdan Deny Prakosa, Kepala Bank Indonesia Purwokerto rela memperpendek libur lebaran bersama keluarga. Ketika pejabat lain sudah mulai cuti bersama pada tgl 2 Juli 2016, Pak Deny masih berada di Purwokerto. Ia harus menghadiri acara yang diinisiasi BI bersama Forum Masyarakat Peduli Budaya Serayumas, yaitu prosesi Pengetan Jumengan Adipati Mrapat R. Djaka Kaiman di pendapa duplikat Si Panji kota Banyumas, pada Sabtu malam (2/7/2016).

Pun, saat masih dalam suasana lebaran, ketika tengah asyik-asyiknya merayakan lebaran bersama keluarga di Jakarta, Pak Deny harus segera ke Purwokerto untuk menghadiri rangkaian kegiatan Pengetan Jumengan Adipati Mrapat R. Djaka Kaiman, berupa pembukaan Pasar Rakyat di alun-alun Banyumas, pada Sabtu (9/07/2017).

Di acara itu Pak Deny tak sungkan ngibing beramai-ramai dengan para lengger diiringi musik Calung Banyumasan, bersama Irjen Kemenhub Cris Kuntadi,  Wasekjen DPR RI Achmad Junaid, Kepala Biro Umum Lemhanas Brigjen Pol Budi Setiyadi, anggota DPD RI Dapil Jateng Denty Eka Widi Pratiwi, tokoh Banyumas di Jakarta Prof DR Pujo Sumedi, Muspika Banyumas, 12 Kepala Desa Kecamatan Banyumas, Pengurus KKB (Kerukukunan Keluarga Banyumas) di Jakarta Ali Rahmat dan wakil dari Kancilmas (Kanca Cilik Banyumas) Bimbing dan Basuki, pegiat budaya dari Forum Peduli Budaya Serayumas Kuntarto serta para tokoh masyarakat.

Sabtu malam seakan tidak ada dicapainya, Pak Deny parade seni pertunjukkan tradisional, pentas keroncong dan pasar malam undar.

Keesokan harinya, Minggu (10/07/2016) dengan kondisi fisik bugar, Pak Deny menghadiri acara Halal Bil Halal Paguyuban Perantau Banyumas (Papermas) di pendapa duplikat Si Panji Banyumas. Pada acara yang dihadiri oleh 200 orang itu, Deny didaulat memberi kata sambutan pada acara lebaran sekaligus diskusi bertajuk Potensi Perekonimian Perantauan Untuk Pemberdayaan Perekonomian Daerah Asal.

Dalam sambutannya, Deny menawarkan instansinya untuk menjadi fasilitator program-program kegiatan Papermas. Ia optimis dapat menjalin hubungan kerja sama untuk memberdayakan perekonomian daerah asal.

Screenshot_2016-07-13-14-12-43_1Pak Deny menunggui acara organisasi perantauan di Jakarta yang diketuai oleh tokoh Banyumas Kol TNI AD Agus Sudiro sampai selesai.

Tak cukup sampai di situ, malam harinya di tengah rintik hujan, lelaki berkaca mata tebal ini terlihat kembali di alun-alun Banyumas untuk menunggui acara penampilan musik modern berupa tembang kenangan dan beberapa grup band yang menyanyikan lagu-lagu Koes Plus.

Pak Deny pada Senin malam (11/07/2016) sudah terlihat di alun-alun Banyumas untuk menyaksikan acara kentongan.

Kalau pejabat lainnya mungkin tengah asyik libur lebaran dengan keluarganya, akan tetapi bagi Deny tidak. Deny merasa eman-eman kalau potensi perekonomian Banyumas Raya pada momen lebaran ini terlewatkan gara-gara tidak teramati dan terpikirkan. Hasil pengamatan dan pemikirannya, oleh kantornya (BI) yang terletak di Jl Gatot Subroto 98 Purwokerto akan dijadikan sebagai acuan pemberdayaan perekonomian Banyumas Raya lewat industri pariwisata.

Ia akan menjadikan momen budaya saat mudik ini untuk meningkatkan perekonomian rakyat lewat industri pariwisata di wilayah kerjanya. Tentunya dengan berbagai event budaya seperti acara Pengetan Jumenengan Adipati Mrapat R Djaka Kaiman beserta rangkaian-rangkaian kegiatannya, dan even serupa lainnya. (BNC/hw)

Tentang Penulis

Leave A Response