Jakarta-Purwokerto (sebaliknya) hindari horor macet Brexit, ini jalur alternatif yang recomended

Ditulis 06 Jul 2016 - 01:50 oleh Banyumas1

Bsituasi brexit arus mudik lebaran 2016BanyumasNews.com, PURWOKERTO – Macet parah di Brebes pada saat arus mudik lebaran tahun 2016 ini sangat parah, bahkan disebut sebagai horor Brexit, menunjuk pada kemacetan yang dipicu oleh menumpuknya ratusan ribu kendaraan seputar Brebes Timur Exit tol. Akibat kemacetan parah itu, 12 pemudik meninggal dunia kebanyakan karena kelelahan berjam-jam berada di kendaraan yang mandeg greg.

Bagaimana menghindari horor macet di Brexit? Ini pengalaman Handoyo Wibowo, pengusaha asal Cilacap, yang berhasil pulang dari Jakarta menuju Cilacap hanya dalam waktu tempuh 8 jsm. Itupun sudah termasuk istirahat tiga kali.

Jalur mana yang Pak Han tempuh sehingga ia ‘Sukses’ mudik di saat pemudik lain harus berjam-jam tertahan di Brexit?

Berikut cerita Pak Han yang diposting di facebook, yang bisa menjadi tips bagi Anda yang mau ke Purwokerto/Cilacap dan kita lain di selatan Pulau Jawa, yang tentunya bisa pula menjadi alternatif ketika akan balik ke Jakarta.

“Aku harus berani mengambil keputusan untuk pulang ke Cilacap dengan mobil karena tiket yang tersedia hanya tiket Susi Air hari Selasa pagi (5/7/2016 – red). Tampaknya, hari Minggu (3/7/2016) itu adalah puncaknya.

Seorang teman memberitahukan dari jam 16.00 tidak bergerak berjam-jam pada km 244 karena pintu keluar tol Pejagan Brebes macet. Terakhir, kudengar kabar kalau ia menempuh perjalanan Jakarta-Purwokerto sampai 35 jam.

Menurut informasi panjang kemacetan hingga 60 km. Sungguh ini bukan sekadar macet lagi, tapi lebih merupakan musibah karena perilaku kita. Semua orang ingin bawa kendaraan sendiri, ingin tampak kaya di kampung sendiri. Andaikata semua pemudik ingin menggunakan jalan yang sama pada waktu yang sama, seberapa pun lebar jalan yang dibuat juga tidak akan cukup.

Itulah kenapa aku memilih rute yang tidak biasa. Jam 19.30 aku berangkat dari Jakarta masuk tol Cikampek kemudian Cipali cukup lancar hanya terkendala oleh hujan deras.

Meskipun kendaraan yang lewat masih tampak lancar, pada km 174 aku keluar pintu tol Kertajati menuju ke Majalengka-Cikijing-Rancah-keluar ke jalur selatan di Cisaga, Banjar. Aku memberanikan diri menempuh jalur yang tidak biasa, hanya berbekal pengalaman masa lalu dan GPS.

Alhasil, aku dapat tiba di rumah jam 03.30, tepat 8 jam perjalanan dengan berhenti istirahat tiga kali. Aku tidak mau mempertaruhkan diri memilih jalur yang sudah jelas-jelas macet di Brebes Exit”.

Demikian sharing Pak Han yang dikenal juga sebagai seorang motivator.

Rute sebaliknya tentu saja bisa Anda lewati ketika akan balik ke Jakarta: Cilacap/Purwokerto-Wangon-Majenang-Cisaga (Banjar)-Rancah-Cikijing-Majalengka-Kertapati (pintu tol)-lanjut ke Jakarta.

Selamat mencoba, sebarkan untuk teman-teman Anda. (BNC/ist)

Tentang Penulis

Leave A Response