Penyair Damshauser (Jerman) akan tampil di Pesantren Tegalrejo

Ditulis 20 Feb 2010 - 16:55 oleh Banyumas1

MAGELANG – Penyair Jerman Berthold Damshauser akan membacakan dua puisi buah karya Johann Wolfgang von Goethe di Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam (API) Tegalrejo, Magelang, Jawa Tengah,  Kamis (25/02).

Penampilan di Ponpes Tegalrejo itu bagian dari perjalanannya di empat kota di Jateng yakni Kudus, Semarang, Solo, dan Magelang, untuk selanjutnya melawat ke Denpasar, Bali. Di Magelang ia akan tampil dalam acara “Dialog Karya-Karya Goethe: Perintis Dialog Islam-Barat”.

Berthold Damshauser adalah penyair Jerman beristri orang Indonesia, dan kini  adalah dosen Sastra dan Bahasa Indonesia di Universitas Bonn, Jerman sejak 1986. Sedangkan Goethe yang karyanya akan dibacakan, dikenal sebagai penyair yang dihormati di Jerman sehingga negara itu membuka pusat kebudayaan di banyak negara dengan memakai namanya. Goethe juga salah satu perintis dialog antara Islam dan Barat.

Karenanya, puisi karya Goethe lebih cocok dibacakan di pesantren karena dia salah satu perintis penting dialog Islam dan Barat. (BNC/ist/ant)

Tentang Penulis

Leave A Response