Kesenian khas lokal akan warnai Parade Budaya Cilacap

Ditulis 19 Feb 2010 - 22:41 oleh Banyumas1
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
211
Dalam Tag
ilustrasi

ilustrasi

CILACAP – Perhelatan akbar peringatan Hari Jadi Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah,  ke 154 tahun 2010 ini bakal berbeda dengan tahun sebelumnya, dan dipastikan akan lebih meriah. Pasalnya, kalau  sebelumnya Peringatan hari Jadi  selalu ditandai dengan adanya arak-arakan yang diikuti para pejabat, namun  tahun ini arak-arakan akan diganti dengan parade budaya, dengan hararapan  akan lebih memasyarakat.

Menurut Sekretaris Dinas Pariwisata  dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap, Taryo, S.Sos  Rabu (17/2) siang dalam jumpa pers di  ruang rapat Dishubkominfo menjelaskan, untuk tahun ini peringatan hari jadi akan diisi dengan kegiatan parade budaya, yang akan diikuti  sebanyak 24 kecamatan. Masing-masing kecamatan diwajibkan mengirimkan  perwakilan  kesenian tradisional yang menonjol di wilayahnya.

Adapun tujuan kegiatan tersebut, lanjut Taryo, adalah sebagai upaya  pengembangan budaya  di wilayah Kabupaten Cilacap. Dengan berbagai kesenian tradisional yang ditampilkan tersebut, nantinya akan dipilih peserta  terbaik untuk selanjutnya dapat ditampilkan di Taman mini Indonesia-TMII Jakarta, sebagai promosi wisata.

Dikatakan, selain dilakukan parade budaya yang digelar bersamaan  peringatan hari jadi Kabupaten Cilacap yang jatuh pada 21 Maret mendatang, juga akan dilakukan kirab  lambang daerah  serta kirab  berbagai  prestasi   yang telah diraih kabupaten Cilacap, start dari lapangan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Cilacap. (BNC/Humas-clp/rin).

Tentang Penulis

Leave A Response