Wabup Lantik Pengurus FKDM

Ditulis 18 Feb 2010 - 22:47 oleh Banyumas1

PURBALINGGA- Wakil Bupati Purbalingga Drs. Heru Sujatmoko Msi melantik pengurus Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) kabupaten Purbalingga. Kepengurusan FKDP berjumlah 19 orang yang terdiri dari para tokoh masyarakat, tokoh Agama dan tokoh kepemudaan yang ada di Purbalingga. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Graha Srikandi Kamis (18/2).

Disamping pelantikan pengurus FKDM juga terbentuk Dewan Penasehat FKDM, Wabup Heru Sujatmoko terpilih menjadi Ketua Dewan Penasehat FKDM, beserta 7 orang lainnya yang berasal dari Kesbangpolinmas, Kodim 07/02, Polres, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri, Lanud Wirasaba, dan Dispendukcapil Purbalingga.

Wabup Heru Sujatmoko mengatakan, dengan terbentuknya FKDM bertujuan untuk menyamakan pemahaman terhadap kewaspadaan dini masyarakat, sehingga segala masalah yang ada dalam masyarakat dapat tertangani dan dapat diatasi secara bersama antara Pemerintah dan Masyarakat.

Ditambahkan Wabup Heru Sujatmoko, FKDM terbentuk dari peran serta tokoh masyarakat, Agama dan kepemudaan, sehingga diharapkan dapat menyerap berbagai aspirasi, perkembangan situasi dan kondisi yang ada dalam masyarakat. Pemkab berupaya mendayagunakan FKDM melalui Kesbangpolinmas sebagai kepanjangan tangan dari Bupati dan Pemkab.

Dijelaskan Wabup Heru Sujatmoko, FKDM memiliki banyak potensi dan dapat terwujudkan ketika dapat dimanage dengan baik dan difasilitasi oleh Pemkab Purbalingga.

Tugas pokok FKDM sesuai Permendagri nomor 12 tahun 2006 yakni menyaring, menampung, menkoordinasikan dan mengkomunikasikan data dan informasi dari masyarakat mengenai potensi ancaman keamanan, gejala atau peristiwa bencana dalam rangka upaya pencegahan dan penanggulangan secara dini.

FKDM dalam penyelenggaraannya dilaksanakan oleh

masyarakat dan difasilitasi oleh Pemerintah, sehingga

terbentuk kemitraan antara Pemerintah daerah dan

mesyarakat serta dikordinasikan oleh Kesbangpolinmas

kabupaten Purbalingga. (BNC)tgr)

Tentang Penulis

Leave A Response