Purbalingga Terima Bantuan SIAK

Ditulis 18 Feb 2010 - 22:40 oleh Banyumas1

PURBALINGGA – Pendataan data base kependudukan se Indonesia saat ini sedang diupayakan sistem online. Sehingga pemerintah pusat memiliki data base terkini setiap saat tentang administrasi kependudukan. Program tersebut dinamakan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK).

Untuk mendukung program ini, pemerintah provinsi Jawa Tengah memberikan bantuan sarana dan prasarana pendukung SIAK. Bantuan Gubernur ini diterimakan kabupaten/kota di Semarang siang tadi.
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pratikno Widiarso didampingi Kasi Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Penduduk Sadono mengatakan, tahun 2010 pemkab Purbalingga mendapatkan bantuan dari Gubernur untuk pengadaan sarana dan prasarana SIAK senilai Rp. 106 juta 750 ribu. Rencana
penggunaan anggaran tersebut baru diverifikasi oleh tim anggaran provinsi, siang tadi.

Sedangkan penggunaan dana penunjang SIAK dari Provinsi akan dimanfaatkan untuk pengadaan printer dotmatrix 11 unit, printer tinta 17 unit, dan memory server 4 unit.

Dijelaskan Pratikno, rencananya awal Maret 2010 ini, penerapan SIAK akan mulai dipasang di kantor Disdukcapil dan 3 kecamatan. Ketiga kecamatan tersebut dianggap siap baik dari sisi SDM mapun lainnya, yakni kecamatan Bukateja, Kemangkon dan Kaligondang.Dan diharapkan dalam tahun 2010 ini semua kecamatan sudah menerapkan SIAK, setelah jaringan komunikasi data terbangun. (BNC/tgr)

Tentang Penulis

Leave A Response