Alfian Dwi Saputra asal Kebumen, Juara I lomba dalang anak 2015

alfian dwi saputra (nagasasra.or.id)

BanyumasNews.com – Alfian Dwi Saputra (14 th), dalang cilik asal Kebumen, menjadi juara dalam Festival Dalang Anak 2015 yang digelar oleh Rumah Budaya Nagasasra Merden, Banjarnegara, 15-16 Desember 2015 di Balai Warga Desa Merden, Kecamatan Purwonegoro, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Festival Dalang Anak yang kedua setelah festival serupa pada tahun 2013 itu, diikuti 11 dalang cilik dengan usia 10 s/d. 15 tahun dan atau siswa SD/Sederajat s/d SLTP/Sederajat (Kelas IX). Lakon pilihan yang disediakan penyelenggara adalah Babad Wanamarta, Dewa Ruci dan Jabang Tetuka, namun peserta boleh mementaskan lakon selain pilihan tersebut sepanjang menganut pakeliran padat dengan durasi maksimal total 60 (enampuluh) menit.

Tim juri yang diketuai oleh Sutarmo, S.Pd. tokoh kesenian karawitan Banjarnegara bersama Sungging Suharto dari Banyumas dan Sumanto Susilamadya, S.Sn. dari Yogyakarta memilih Alfian Dwi Saputra (14 th) sebagai Dalang Terbaik I pada lomba dalang anak itu.

Alfian yang berpostur jangkung, putra dari Darsono (47 th), adalah pelajar SMP Negeri 3 Kebumen. Ia berhasil memperoleh nilai tertinggi menyisihkan sepuluh peserta lain dari tiga kriteria penilaian yang ditentukan oleh tim juri. Pada penganugerahan lomba, trophy dan hadiah diterima langsung oleh ayahnya.

Alfian tampil terakhir pada hari pertama lomba membawakan lakon Dewa Ruci, Penguasaan materi dan teknik mendalang sejak awal naik panggung sudah mendapat sambutan dari penonton yang hadir di Balai Desa Merden. Bahkan tidak sedikit penonton yang sudah memprediksi anak ini bakal jadi jawara.

Penganugerahan kepada para juara Festival Dalang Anak 2015 (nagasasra.or.id)
Penganugerahan kepada para juara Festival Dalang Anak 2015 (nagasasra.or.id)

Hasil penilaian tim juri Festival Dalang Anak 2015 selengkapnya adalah seperti berikut:

• Dalang Terbaik I, Alfian Dwi Saputro asal Kebumen.
• Dalang Terbaik II, Gilang Wibisono asal Kebumen.
• Dalang Terbaik III, Galih Wahyu Sejati asal Wonosobo.
• Penampil Favorit I, Tahta Harimurti Proboatmojo asal Yogyakarta.
• Penampil Favorit II, Muhamad Maulana Suryokusumo asal Wonosobo.
• Penampil Favorit III, Kethug Guritno asal Kebumen.

Dalam lomba dalang anak 2015 ini peserta dari Kebumen mendominasi kejuaraan, dengan merebut 3 pemenang dari 6 nomor pemenang. Banyak seniman Kebumen memperhatikan potensi bakat anak dalam bidang wayang kulit ini, bahkan peserta dari Kebumen diantar langsung oleh Pekik Siswonirmolo, Ketua Pepadi Kebumen. (BNC/ist/nagasasra.or.id)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.