Kerugian akibat banjir Sidareja capai ratusan juta

CILACAP – Kerugian akibat bencana alam banjir di Wilayah Kecamatan Sidareja dan Kedungreja, Kabupaten Cilacap, yang terjadi hari Sabtu (13/02),  diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Kepala Pelaksana Harian  Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Cilacap, Dangir Mulyadi kepada Humas Pemkab Cilacap di kantornya, Selasa (16/2) mengatakan, jumlah kerugian akibat banjir di wilayah Kecamatan Sidareja yang meliputi, Desa Sidareja, Gunungreja, Sidamulya, Sudagaran, Tinggarjaya dan Tegalsari sudah mencapai Rp 177,5 juta.

Sedangkan di Wilayah Kecamatan Kedungreja yang meliputi Desa Ciklapa, Rejamulya dan Desa Bangunreja hingga saat ini belum diperoleh jumlah kerugian secara pasti, karena masih dalam perhitungan. Namun menurut data kerusakan meliputi  41 rumah tergenang air, 672 rumah terancam tergenang air, dan 13 hektare sawah terendam.

Hal yang sama juga terjadi di Kecamatan Sidareja. Ratusan kepala keluarga dan puluhan hektare sawah juga terendam air dengan ketinggian 10-100 cm. Penyebab terjadinya banjir di kedua wilayah tersebut adalah karena meluapnya kali Cibogo, Citayem, Cipendeuy dan saluran drainase di pemukiman yang bermuara ke Kali Cibeureum. Sejauh ini pihak Pemkab Cilacap telah melakukan langkah-langkah tanggap darurat serta memberikan bantuan berupa obat-obatan dan makanan kepada para korban.(BNC/Humas Cilacap/-keen)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.