Bupati Banyumas beri santunan keluarga korban longsor Sokawera Cilongok

Ditulis 20 Nov 2015 - 19:33 oleh Banyumas1

bupati serahkan bantuan keluarga korban longsor sokawera cilongokBanyumasNews.com – Musibah bencana tanah longsor yang terjadi di grumbul Kubangan, desa Sokawera, Kecamatan Cilongok, Banyumas pada Kamis 19 November 2015 yang menelan korban meninggal anak berusia 12 tahun bernama Muhammad Fathul Ulum, mendapat perhatian dari Bupati Banyumas Ir Achmad Husein dengan memberikan santunan kepada keluarga korban.

Baca : Longsor di Sokawera Cilongok seorang anak jadi korban

Bupati menyerahkan bantuan kepada ayah korban Mohamad Zaenal Ali (menurut Pemerintah Desa Sokawera bernama Kusen) didampingi istrinya Umiati (ibu korban) dan kakek korban Fahrudin pada kunjungan ke lokasi bencana, Jum’at (20/11/15).

Bantuan yang diserahkan berupa uang santunan dari pribadi Bupati Achmad Husein dan logistik dari BPBD berupa mie instan, air mineral, makanan siap saji, lauk pauk, makanan tambahan gizi dan perlengkapan bayi karena ibu korban pada saat ini sedang hamil.

Bupati Banyumas tinjau lokasi tanah longsor di Sokawera Cilongok Jum'at (20/11/15)

Bupati Banyumas tinjau lokasi tanah longsor di Sokawera Cilongok Jum’at (20/11/15)

Kepada Bupati dan rombongan kakek korban Fahrudin menceritakan, kejadian berlangsung pada Kamis 19 November 1015 sekitar pukul 15.00 WIB. Awalnya hanya terjadi longsor kecil di belakang rumahnya. Ia kemudian membersihkan tanah yang menghalangi air hujan. Menurut Fahrudin tanpa sepengetahuanya, sang cucu Muhamad Fathul Ulum berada dibelakangnya dan turut membantu membersihkan tanah. Saat itulah terjadi longsor susulan yang cukup besar yang menimbun cucunya sehingga meninggal.

“Kulo niku mboten ngertos yen putuku melu ngrewangi neng mburiku, mboten dangu wonten longsor malih ingkang langkung ageng, ngurugi putuku ngantos ninggal (saya itu tidak tahu kalau cucuku ikut membantu di belakangku, tidak lama datang longsor yang lebih besar dan menimpa cucuku hingga meninggal)”, jelasnya.

Menurut Fahrudin dirinya sudah sekitar 25 tahun menetap di rumah yang ditinggali saat ini dan baru kali ini terjadi tanah longsor.

Dalam pesannya Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan agar keluarga ikhlas menerima apa yang menjadi ketentuan Allah SWT dan untuk selalu berhati-hati dan waspada ketika hujan turun.

“Ini kan sudah musim hujan, jadi untuk selalu waspada dan berhati-hati ketika hujan turun, karena tidak menutup kemungkinan terjadi longsor lagi”, himbaunya.

Pada kesempatan itu Bupati juga mengatakan untuk mengatasi agar tidak terjadi longsor susulan, secepatnya akan dibuat terasering dan penutupan pori-pori tanah yang timbul akibat musim kemarau yang panjang. Bupati memberi perintah kepada BPBD, Camat, Kades dengan dibantu jajaran TNI, Pemuda Pancasila dan masyarakat, besok Sabtu (21/11/15) untuk melakukan kerja bakti membuat terasering tersebut.

(BNC/ist/hum/foto atas: Bupati Achmad Husein menyerahkan santunan kepada Umiati, ibu korban tanah longsor desa Sokawera Cilongok)

Tentang Penulis

1 Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. Eko Suwondo 11/10/2016 pukul 14:40 -

    Pendaftaratan gelombang terakhir mahasiswa baru program studi Akademi Kebidanan Perwira Husada dan Akademi Manajemen Rumah Sakit (AMRS) Kusuma Husada SPP hanya Rp. 2 jt-an / semester dan bebas Uang Gedung/Uang SPA (beasiswa Yayasan). Bagi yang berminat silahkan dating ke Kampus Kusuma Husada jl. Gerilya Timur Belakang Kolam Renang Tirta Kencana no telp (0281) 6844942 atau cp Bpk Tarwan 0852-9025-6444 atau pak Eko hp 0813-9064-6000

Leave A Response