Selain Dhayita Kapolsek termuda, inilah pejabat termuda di berbagai posisi

kapolsek-candisari-iptu-dhayita_Berita Polwan menjadi Kapolsek termuda sedang ramai diperbincangkan. Ya, umur baru 24 tahun namun Iptu Dhayita Daneswari SIK sudah memangku tanggung jawab besar sebagai Kapolsek Candisari, Kota Semarang, Jawa Tengah. Dara kelahiran Semarang 24 Desember 1991 ini menjadi Kapolsek Candisari sejak tanggal 21 September 2015. Dan di Pulau Jawa, saat ini Dhayita menjadi Kapolsek termuda di Jawa.

“Setahu saya, saya yang paling muda di Jawa (Kapolsek). Di luar Jawa juga ada seangkatan saya,” kata Dhayita seperti dikutip Tribun Jateng.

Namun sebelum Dhavita Daneswari ada beberapa pejabat yang ketika memulai jabatannya dinobatkan sebagai yang termuda. Siapa saja mereka? Inilah penelurusan BanyumasNews.com:

Kapolres termuda

Di jajaran POLRI, untuk jabatan Kapolres termuda pernah terjadi di Polres Biak Numfor, Papua, ketika Kompol Yustanto Mujiharso pada Oktober 2014 dilantik menjadi Kapolres. Kompol Yustanto Mujiharso, asal dari Nganjuk Jawa Timur, tamatan AKPOL tahun 1999, saat itu berusia 38 tahun, tercatat sebagai Kapolres termuda di seluruh Indonesia. Ia memiliki sejumlah pengalaman bertugas di daerah-daerah konflik, diantaranya Aceh, Poso, dan lainnya.

Kompol Yustanto Mujiharso hanya sebentar (3.5 bulan) menjabat Kapolres di Biak Numfor, karena kemudian dimutasi menjadi Kapolres Mimika.

Bupati termuda

Sementara itu rekor kepala daerah tingkat kabupaten/kota, rekor termuda dipegang oleh Makmun Ibnu Fuad yang menjadi Bupati Bangkalan, Madura, Jawa Timur dalam usia 26 tahun. Berpasangan dengan Mondir Rofi’i, Makmun Ibnu Fuad memenangkan Pilkada 12 Desember 2012 di kabupaten yang ada di pulau garam itu.

Gubernur termuda

Untuk jabatan Gubernur, rekor termuda dipegang oleh Ridho Ficardo yang resmi memimpin propinsi Lampung pada tanggal 2 Juni 2014. Ridho Ficardo yang memimpin Lampung bersama wakilnya Baktiar Basri, dilantik menjadi Gubernur Lampung leh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi pada usia 33 tahun.

“Tentu sebagian orang terkaget-kaget karena belum tahu kiprahnya dan tiba-tiba melejit menjadi orang nomor satu di Provinsi Lampung”, komentar netizen. Namun faktanya ia telah memenangkan Pilkada langsung di propinsi yang pernah dipimpin oleh putra Banyumas Yasir Hadibroto itu.

Direktur BUMN termuda

Laily Prihatiningtyas, lahir 22 Desember 1985. Di usia 28 tahun kurang 6 hari, ia sudah dipercaya untuk memimpin PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur dan Ratu Boko. Wanita yang kerap disapa Tyas ini merasa bingung saat pertama kali dipercaya oleh mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan memimpin candi. Katanya ngapain susah-suah jaga candi? Namun di situlah ia justru banyak belajar.

lailyDiangkat oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan 16 Desember 2013, Laily diberhentikan oleh Menteri BUMN Rini Soemarno pada Jumat 25 September 2015.

Menko termuda

Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani mendapat pengahargaan dari Musium Rekor Indonesia (Muri) sebagai Menko termuda dalam sejarah. Penghargaan diberikan pada 27 Januari 2015 oleh Jaya Suprana, pendiri MURI. Saat mulai menjabat sebagai Menko, Puan Maharani berusia 41 tahun ketika dilantik sebagai Menko. Ia lahir di Jakarta pada 6 September 1973.

Rektor termuda

Anies Rasyid Baswedan, Ph.D, yang lahir di Kuningan, Jawa Barat, 7 Mei 1969 saat ini menjabat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia ke-26. Ia adalah seorang intelektual dan akademisi asal Indonesia. Cucu dari pejuang kemerdekaan Abdurrahman Baswedan, ia menginisiasi gerakan Indonesia Mengajar.

Ia menjadi rektor termuda yang pernah dilantik oleh sebuah perguruan tinggi di Indonesia pada tahun 2007, saat menjadi rektor Universitas Paramadina pada usia 38 tahun. Menjelang pemilihan umum presiden Indonesia 2014, ia ikut mencalonkan diri menjadi calon presiden lewat konvensi Partai Demokrat.

Profesor termuda

Agus Pulung Sasmito, Ph.D. Kalau dari namanya tidak ada yang menyangka kalau pria asal Wonosobo, Jawa Tengah ini adalah profesor di salah satu universitas tebaik di dunia. Profesor Sasmito mendapatkan gelar profesornya pada umur sangat muda yaitu 30 tahun dari McGill University yang merupakan urutan ke 21 universitas tebaik di dunia. Menurut ruang pengajar dia merupakan profesor termuda dan pertama di bidang Jurusan Teknik Pertambangan dan Material di McGill University. Atas keahliannya itu, Profesor Sasmito dipercayai memegang kendali di laboratorium mine ventilation, energy, and environment di kampusnya.

Duta Besar termuda

Muhammad Lutfi yang lahir di Jakarta 16 Agustus 1969, pada bulan Agustus 2010, ditunjuk oleh Presiden SBY sebagai Duta Besar untuk Jepang dan Federasi Mikronesia. Ia merupakan orang termuda yang pernah bertugas di kedutaan terbesar Indonesia, dan juga sebagai salah satu duta termuda yang mewakili Indonesia secara internasional.

Ketua Nasional HIPMI pada periode 2001-2004 itu, pada tahun 2005 iangkat oleh Susilo Bambang Yudhoyono untuk menduduki posisi pejabat setingkat menteri, yakni Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Indonesia, dan dia menjadi orang termuda yang pernah menjabat posisi tersebut.

(BNC/ist)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*