Panen Bawang Merah di Lahan Pasir

Ditulis 11 Feb 2010 - 22:59 oleh Banyumas1

PURWOKERTO–Warga Desa Munggangsari, Kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo kini patut bersyukur. Pasalnya, mereka yang sebagian besar semula sebagai penambang pasir di wilayah pesisir pantai selatan Jawa-Tengah , kini bisa meningkat penghasilannya, setelah beralih menjadi petani bawang merah.
Peningkatan kesejahteraan petani itu berkat binaan Prof Edy Yuwono,Ph.D dan beberapa dosen Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto. Dan panen raya  bawang merah di lahan pasir di Desa Munggangsari  telah dimulai sejak hari Senin (8/2).  Ikut menyaksikan  panen raya itu, para siswa dan orang tua siswa SMA Al-Iesyad Purwokerto.Mereka akan belajar sambil berwisata agro di Desa Munggangsari.
Kepala program studi sosial ekonomi peternakan Fakultas Peternakan Unsoed, Ir Alief Einstein, M.Hum kepada www.banyumasnews.com mengemukakan, selama ini kondisi masyarakat di sepanjang pesisir selatan Jateng yang tersebar di daerah Cilacap, Kebumen hingga Purworejo, masih terbelit kemisikinan. Padahal sumber daya alam di sepanjang daerah itu potensial untuk dikembangkan.
“Berangkat dari keprihatinan itulah, Unsoed berusaha mengembangkan lahan pasir di sepanjang kawasan itu menjadi agro wisata, yang akhirnya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Agrowisata yang kami kembangkan di sini, diantaranya bidang pertanian, peternakan dan pemberdayaan masyarakat. Yang sudah terlihat hasilnya, yakni penanaman bawang merah di Desa Munggangsari, Kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo,” ujar Alief Eisntein.
Selama ini, lanjut Alief Einstein, bawang merah banyak dikembangkan di daerah Brebes. Panen raya bawang merah di daerah Brebes biasanya pada musim kemarau. Namun berkat pembinaan dan penelitian yang dilakukan oleh Unsoed di lahan pasir di sepanjang pantai selatan Jateng, justru saat ini, panen raya bawang merah bisa dinikmati pada musim penghujan.
Lahan pasir di Desa Munggangsari yang sudah ditanami bawang merah kini seluas 2,5 hektar.Jarak lokasi tanaman bawang merah dengan air laut 301 meter. Pada Lokasi tanaman bawang merah, bila digali sumur untuk pengairan tanaman bawang merah, ternyata keluar air tawar. (BNC/tgr)

Tentang Penulis

Leave A Response