Apa itu SMSbunda dan bagaimana cara mendaftar SMSbunda

Ditulis 12 Okt 2015 - 01:29 oleh Banyumas1

Leslie Mancuso dari JhipegoIbu hamil dan nifas kini dapat dapat menikmati terobosan dalam bidang teknologi informasi. Jhpiego dengan dukungan dari GE Foundation, bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten, meluncurkan layanan SMSBunda. Layanan ini pertama kali diujicoba di Kabupaten Karawang dan Cirebon, dan akan dilaunching di seluruh Kabupaten di Indonesia. Di Banyumas, layanan SMSbunda dilaunching pada Minggu, 11 Oktober 2015 oleh Bupati Banyumas, Ir Achmad Husein.

Berita : http://banyumasnews.com/88771/banyumas-lunching-sms-bunda-upaya-menekan-kematian-ibu-hamil-melahirkan/

SMSbunda adalah layanan SMS bagi wanita hamil dan nifas. Layanan ini membekali ibu dengan informasi kesehatan dan mendorong mereka untuk dapat mengidentifikasi tanda bahaya serta secara aktif mencari bantuan apabila diperlukan.

Para ibu hamil tinggal mendaftar dengan cara ketik SMSbunda kirim ke 08118469468 dan akan diberikan layanan gratis ke telphon genggamnya tentang berbagai informasi yang dibutuhkan seperti pentingnya menerima perawatan dari tenaga trampil selama kehamilan, saat melahirkan dan setelah melahirkan, tanda-tanda komplikasi kehamilan, persiapan melahirkan, penggunaan suplemen zat besi, gizi untuk ibu dan pemberian ASI, praktek perawatan nifas dan bayi baru lahir, keluarga berencana, tanda-tanda penyakit pada bayi baru lahir dan kapan mencari penanganan.

Layanan ini sebagai bentuk pencegahan atas kematian ibu dan bayi yang baru lahir. Ibu dan keluarga seringkali tidak memiliki pengetahuan yang memadai tentang kehamilan dan nifas, perilaku hidup bersih sehat (PHBS) dan tanda-tanda bahaya bagi ibu dan bayi baru lahir. SMSBunda menjawab kebutuhan ibu hamil dan nifas dengan mengirimkan informasi klinis yang berguna, dan sebaliknya ibu dapat menerima informasi tersebut dengan mudah.

SMSBunda menerapkan teknologi inovatif yang murah dan terukur untuk menjangkau ibu hamil dan nifas di luar sistem kesehatan. Ibu hanya perlu mendaftarkan diri dengan mengirimkan tanggal perkiraan bersalin ke nomor khusus, kapan saja selama masa hamil atau nifas. Ibu yang terdaftar akan menerima SMS gratis tentang perawatan antenatal (ANC) dan perawatan postpartum (PNC) sesuai dengan usia kehamilan, mulai dari trimester pertama hingga 42 hari setelah melahirkan. Isi pesan tersebut dikembangkan oleh tim klinis dan sesuai dengan pedoman Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes).

Untuk mempromosikan layanan SMSBunda, Jhpeigo menggunakan pendekatan langsung dan tidak langsung. Jhpiego bekerja secara langsung dengan bidan dan petugas kesehatan masyarakat untuk mendorong dan mendaftarkan klien mereka. Jhpiego juga memanfaatkan berbagai media untuk mempromosikan SMSBunda di surat kabar, radio, dan media sosial. (BNC/*/Sumber: Hartono Rakiman_Emas Indonesia)

Tentang Penulis

1 Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. Fit 15/02/2017 pukul 11:15 -

    Gimana caranya biar berhenti dari layanan ini?

Leave A Response