“Semakin Hari Semakin Cinta Al Quran”, cara SD Al Irsyad Purwokerto membiasakan siswanya baca Al Quran

siswa gemar membaca al quran sd al irsyad purwokertoBagi siswa sekolah dasar (SD) yang memasuki kelas 6, bayangan di benak mereka umumnya ialah bagaimana belajar sebaik mungkin untuk mendapatkan nilai terbaik saat Ujian Sekolah. Orang tua dan sekolah pun demikian. Maka tambahan pembelajaran atau bimbel diberikan untuk meningkatkan hasil Ujian Sekolah.

Kegiatan seperti sangat menyita waktu anak sehingga mengurangi kegiatan ibadah khususnya membaca Al Quran. Hal tersebut tidak berlaku bagi siswa SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto. Seperti pada Sabtu (3/10/15) lalu, sebanyak 134 siswa kelas VI SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto memenuhi masjid Ustman bin Affan di Perumahan Griya Satria Mandalatama untuk mengikuti kegiatan cinta Al Quran.

Kegiatan yang berlangsung dari pukul 07.30 sampai 10.00 ini mengusung tema “Semakin hari Semakin Cinta Al Quran”. Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga agar anak-anak senantiasa membaca Al Quran. Agar siswa antusias, guru mengemas kegiatan tersebut dengan menarik.

Salah satunya adalah Tasmi’, yaitu beberapa siswa yang sudah ditunjuk oleh guru membaca Al Quran Juz 28 tanpa melihat sedangkan siswa lainya menyimak dan mengkoreksi jika ada bacaan yang tidak sesuai makhroj huruf dan tajwidnya. Suasana semakin meriah saat dimulainya Cerdas Cermat Al Quran (CCQ).

Setiap kelas diwajibkan mengirimkan tiga wakilnya untuk menjadi peserta CCQ. Siswa menjawab soal-soal dari juri seputar Al Quran seperti meneruskan bacaan dan menentukan ayat Al Quran dari potongan ayat yang dibacakan oleh juri.

Kegiatan “Semakin Hari Semakin Cinta Al Quran” hanya salah satu cara yang dilakukan sekolah untuk mencintai dan membiasakan membaca Al Quran pada siswa. Dalam keseharian di sekolah, selain pada kegiatan pembelajaran Al Quran, siswa kelas VI juga dibiasakan membaca Al Quran setiap hari.

Sebelum siswa masuk ke kelas, pada pukul 07.00 – 07.30 siswa terlebih dahulu melaksanakan sholat dhuha dan membaca Al Quran bersama-sama. Lima menit sebelum memulai pembelajaran siswa siswa diajak mengulang kembali hafalan Al Quran mereka secara bersama-sama, sehingga hafalan Al Quran mereka semakin kuat. (BNC/Qomarudin/foto:ilustrasi)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.