Layanan Cepat, Mudah dan Murah di KPAD Banjarnegara

Ditulis 11 Feb 2010 - 22:20 oleh Banyumas1

BANJARNEGARA – Perpustakaan identik dengan membaca buku. Namun jangan hanya membayangkan akan membaca buku jika berencana mengunjungi Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (KPAD) Kabupaten Banjarnegara. Karena di KPAD Banjarnegara, di pintu masuk pengunjung langsung disuguhi layanan internet free hotspot dengan bandwith 512 Kbps. Dan bagi yang tidak membawa komputer jinjing, tersedia warung internet (warnet) dengan akses cepat dan murah.

Masuk lagi kedalam, pengunjung akan disuguhi rak-rak berisi koleksi perpustakaan yang tersusun dari empat macam pustaka. Keempat macam pustaka tersebut adalah koleksi buku fiksi, buku non fiksi, pustaka pandang dengar (audio visual) dan koleksi referensi. Nah, siap mencari apa yang dibutuhkan? Kartu katalog yang disusun berdasarkan Katalog Pengarang, Subyek dan Judul pada almari katalog pun siap membantu pengunjung.

”Komitmen kami untuk berperan serta aktif mencerdaskan masyarakat Banjarnegara, bukanlah janji kosong belaka. Di tahun 2010 ini, kami membulatkan tekad untuk meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan dan arsip daerah. Kami sepakat untuk memberikan pelayanan yang lebih cepat, mudah dan murah,” ujar Dra. Siti Yanuariyah, Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (KPAD) Kabupaten Banjarnegara.

Awal Januari 2010, KPAD Banjarnegara telah menyalurkan bantuan buku untuk enam perpustakaan desa. “Bantuan buku tersebut berasal dari APBD Propinsi Jawa Tengah untuk perpustakaan desa Wanaraja, Kecamatan Wanayasa, Perpustakaan Ngudi Ilmu Desa Medayu, Kecamatan Wanadadi, Perpustakaan Miftaul Ulum Desa depok, Kecamatan Bawang dan Perpustakaan Desa Danakerta, Kecamatan Punggelan yang masing-masing mendapatkan 144 eksemplar buku baru. Sedangkan dua perpustakaan desa yang mendapatkan 1000 eksemplar buku baru dari APBN adalah Perpustakaan Lembah Giri Desa Gumelem Wetan, Kecamatan Susukan dan Perpustakaan Pasopati Desa Madukara, Kecamatan Madukara,” urai Siti. “Harapan kami, perpustakaan desa tersebut selanjutnya bisa mandiri mengembangkan perpustakaan masing-masing,” imbuh Siti

Selain layanan diatas, KPAD Banjarnegara masih membuka layanan lain seperti layanan Perpustakaan Keliling, Motor Pintar, Konsultasi Pustaka, Wisata Buku, Gelar Buku, Story Telling dan yang teranyar adalah Layanan Pemutaran Film Pendidikan. “Layanan Pemutaran Film Pendidikan ini memang baru kami laksanakan mulai bulan November 2009 lalu, tapi animo masyarakat terutama kalangan siswa PAUD, TK/ RA dan SD sangat tinggi. Terbukti dari bulan November hingga Desember saja kami sudah melayani lebih dari 1.000 siswa. Film-film yang kami sajikan adalah film pendidikan yang dikemas dengan sangat menarik, sehingga disukai anak-anak. Bagi sekolah manapun yang ingin mendapatkan layanan ini, cukup dengan mengirimkan surat permohonan dan akan kami layani dengan tangan terbuka,” janji Siti.

Kabag Humas, Setda Banjarnegara, Drs. Wahyono, MM., juga mengajak masyarakat untuk mengunjungi dan memanfaatkan layanan yang tersedia di KPAD Banjarnegara. “Perputakaan Banjarnegara adalah gudang ilmu yang sayang jika tidak dimanfaatkan. Apalagi di era keterbukaan informasi ini, KPAD Banjarnegara telah berupaya membuka diri lewat layanan katalog online yang bisa diakses melalui website : kpad.banjarnegarakab.go.id. Jadi, seluruh masyarakat Banjarnegara bisa turut berperan aktif mencerdaskan bangsa,” ujar Wahyono. [BNC/dhy]

Tentang Penulis

Leave A Response