Cilacap siap dukung Indonesia penghasil ikan terbesar di dunia

Ditulis 10 Feb 2010 - 20:49 oleh Banyumas1
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
136
Dalam Tag
ilustrasi

ilustrasi

CILACAP – Guna mendukung Indonesia sebagai Negara penghasil ikan terbesar di dunia pada tahun 2015, Kabupaten Cilacap mentargetkan kenaikan produksi ikan sebesar 31 % per tahun. Target tersebut akan diproyeksikan di 17 kecamatan dengan jenis komoditi seperti, udang vaname, gurameh, nila, lele, ikan mas dan tawes.

Hal tersebut disampaikan, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Cilacap, Ir. Mochamad Harnanto, MM,  ketika bertindak selaku pembina upacara di lingkungan Sekretariat Daerah Cilacap.

Lebih lanjut Harnanto mengemukakan, berbagai program dan upaya untuk mensukseskan target tersebut, diantaranya dibidang budidaya ditempuh melalui program intensifikasi yang berupa peningkatan input dalam satu satuan luas yang sama dengan penggunaan benih, pakan, pupuk dan tehnologi. Disamping program ekstensifikasi dengan memperluas areal guna menumbuhkan wira usaha melalui kegiatan APBN, Kredit program dan kredit komersial.

Dibidang perikanan tangkap, upaya yang digulirkan, menurut Harnanto, ditempuh diantaranya melalui penghapusan retribusi yang memberatkan nelayan, penurunan jumlah nelayan sebesar 2 persen per tahun, dan restrukturisasi kapal sejumlah 50 unit bantuan dari pemprov Jawa Tengah dan 1.000 unit bantuan dari pemerintah pusat pada tahun 2011, yang akan diperoleh Kabupaten Cilacap.

Harnanto juga mengingatkan, program peningkatan produksi perikanan tersebut, akan mengalami kendala yang luar biasa, manakala tidak didukung dengan pemasaran yang baik dan terprogram.

Untuk itu, kementerian Kelautan dan Perikanan mentargetkan konsumsi makan ikan naik dari 28 kilogram per kapita per tahun pada 2008 menjadi 38,67 kilogram per kapita per tahun pada 2014.

Sedang untuk Kabupaten Cilacap, konsumsi makan ikan hingga saat ini mencapai 12,67 kilogram per kapita per tahun. Sementara untuk tingkat Jawa Tengah mencapai 11,37 hingga 20 kg per kapita per tahun.

Dalam tahun 2010 ini, Dinas kelautan dan Perikanan Kabupaten Cilacap dari APBD mendapat alokasi anggaran untuk kampanye gemar makan ikan sebesar Rp. 20 juta, ujar Harnanto. (BNC/hum/hromly)

Tentang Penulis

Leave A Response