Karyawan Pemkot Solo diwajibkan berbahasa Jawa tiap Jum’at

SOLO – Kekhawatiran pada ‘kelanggengan’ bahasa Jawa rupanya sedemikian besarnya. Sampai-sampai penggunaan bahasa ini harus dan diwajibkan digunakan di kantor pemerintah. Di Jogja, diberitakan sedang tarik ulur Perda tentang penggunaan bahasa Jawa di lingkungan / instansi pemerintah. Sementara itu di Solo, seluruh karyawan di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta akan diwajibkan menggunakan bahasa Jawa dalam melakukan komunikasi setiap Jumat, sebagai upaya melestarikan bahasa tersebut.

Orang nomor satu di Solo, Ir. Joko Widodo,  sendiri yang dikabarkan akan mengumumkan peraturan ini, bertepatan dengan hari jadi ke 256 Kota Solo, pada 17 Februari 2010 dalam upacara bendera peringatan hari jadi Kota Solo di halaman Balai Kota Surakarta.Surat edaran Wali Kota Surakarta tentang penggunaan Bahasa Jawa setiap Jumat itu sekarang sudah ada di meja Wali Kota dan tinggal ditandatangani kemudian diedarkan. Diharapkan  penggunaan Bahasa Jawa bisa dimulai pada Jumat (19/2).

Dalam upacara peringatan itu, (17/02) seluruh peserta termasuk inspektur upacara mengenakan pakaian adat Jawa.
Seusai upacara tersebut dilangsungkan pemberian penghargaan kepada tokoh masyarakat yang berjasa bagi Kota Solo, setelah itu peserta upacara melihat pameran hasil penulisan/karya kaligrafi huruf Jawa yang dipamerkan di Pendapa Gede Balai Kota Surakarta. Akan ada pula kegiatan penghijauan massal dengan penanaman berbagai jenis pohon pada Jumat (12/2) yang ditandai dengan penanaman pohon oleh Wali Kota Surakarta Ir Joko Widodo dan Wakil Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo di Taman Balaikambang.

Pada Senin (15/2) akan diadakan lomba pidato Bahasa Jawa dan Macapat untuk para pelajar, serta pengumpulan buku tulis dan pakaian pantas pakai yang akan disumbangkan ke panti atau kepada mereka yang membutuhkan. (BNC/Ist)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.