Pemkab Kebumen terapkan lelang e-procurement tahun ini

Ditulis 09 Feb 2010 - 18:53 oleh Banyumas1

KEBUMEN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Kebumen terus berbenah dalam menyempurnakan tata kelola pengadaan barang dan jasa. Salah satunya dengan diterapkannya sistem lelang elektronik ( e-procurement), yang rencananya akan diberlakukan mulai tahun ini.  Sebagai sampel, beberapa paket pekerjaan akan dilelangkan dengan ssistem tersebut.

Berbagai persiapan pun telah dilakukan. Di antaranya pelatihan e-procurement untuk trainer,  pejabat pembuat komitment, Panitia Pengadaan, serta penyedia barang/jasa . Persiapan lainnya adalah penyusunan regulasi e-procurement ,infrastruktur e-procurement dan menyediakan Layanan Pengadaan Secara Elektronik ( LPSE).
Wakil Bupati Kebumen H Rustriyanto, SH dalam upacara bendera senin luar biasa Senin pagi ( 2/2) di halaman Setda Kebumen mengatakan dengan diterapkannya sistem lelang elektronik ( e-procurement) atau biasa disebut sistem on line, diharapkan akan menekan tingkat korupsi, kolusi dan nepotisme.  Karena dalam sistem tersebut tidak ada kontak langsung antara penyedia jasa dengan panitia pengadaan.

Lelang Bersama
Sementara untuk Pelaksanaan Lelang Bersama tahun 2010 , akan dibuka pada Hari Kamis ( 18/2), bertempat di alun-alun Kebumen. Lelang diikuti oleh 15 Satuan Kerja Pemerintah Daerah ( SKPD). Jumlah paket pekerjaan sebanyak 60 paket, dengan total nilai pekerjaan Rp 21.692. 343.166.

Dengan Lelang terbuka diharapkan akan mengurang perilaku yang kurang baik dalam pelelangan, seperti pembatasan kesertaan pelelangan, serta pengaturan nilai pengaturan. Lelang Terbuka juga terbukti memunculkan efisiensi anggaran , seperti pada tahun 2007 sebesar 11%, Tahun 2008 sebesar 4,22 % serta tahun 2009 sebesar 11,9 %.(BNC/Hum/ –nn)

Tentang Penulis

Leave A Response