Menikmati keindahan batu akik motif dan pancawarna

batu motif hewanTrend batu akik boleh saja menurun seperti diprediksi banyak orang. Namun keindahan batu tidak mudah dilupakan bagi pencintanya. Batu akik dengan aneka motif dan gambar menjadi keunikan tersendiri, sesuatu yang lahir dari alam yang digarap dengan sentuhan seni, dengan secara pas ‘meneropong’ gambar yang timbul dan bisa di-interpretasikan dari warna-warni yang menyembul dari batu akik atau gemstone.

Dari bongkahan batu yang biasanya tidak beraturan, kemudian dibelah dengan lebih dulu menelisik bagian-bagian yang bisa menebar warna-warni agar menjadi paduan serasi, merupakan keahlian tersendiri bagi ‘seniman’ batu akik. Dengan sentuhan art (seni) lah maka lahir karya-karya berupa batu akik berbentuk cincin atau liontin yang menawan. Indah dipandang dan manis ketika menempel di jari manis si pemakainya.

Ini contoh-contoh batu akik gambar (batu motif) yang bisa Anda interpretasikan sendiri sebagai ‘gambar sesuatu’ dari paduan multi color yang ada dalam dimensi batu yang hanya seukuran sekitar 1,5 x 2 x 1 cm, atau ukuran yang lebih besar dari itu untuk sebuah liontin. Foto-foto di bawah ini diambil dari koleksi batu motif dan pancawarna milik Pudjo Raharjo, seorang penghoby batu akik di Kebumen, Jawa Tengah. Dunia akik menawarkan sensasi tersendiri.

batu motif kebumen1‘Gambar’ apa yang terbayang dari batu akik di atas? Salju? Atau jangan-jangan mengira es cream coklat bertabur susu? Terserah Anda tentunya.

batu motif kebumen3Batu akik ini mengingatkan pada warna-warni magis yang ada pada kain batik. Paduan multi color yang ‘nJawani’. Soal gambar apa yang tampak, kembali ke imajinasi Anda.

pancawarna kristalPancawarna kristal ini menyiratkan konstruksi tiga dimensi, seolah ada rekahan patah. Bagaimana alam membentuknya, dalam jutaan tahun proses yang melibatkan elemen-elemen mineral, sehingga membentuk mosaik indah, adalah sebuah kekaguman tersendiri.

batu pancawarna1Kalau kita detail melihat motif yang ada pada batu pancawarna ini, kita akan melihat ada ranting, ada gunung, ada gua, ada sungai, dan laut. Mungkin Anda melihatnya lain. Namun yang jelas gradasi warnanya menyiratkan ‘kedalaman’ dan kesan magis.

Anda punya koleksi batu akik sejenis batu-batu di atas?  (BNC/foto: FB Pudjo Raharjo)

3 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*