748 Pramuka Ikuti Pesta Siaga Tingkat Kwarcab

Ditulis 07 Feb 2010 - 21:26 oleh Banyumas1

PURBALINGGA– Sebanyak 748 pramuka mengikuti pesta siaga tingkat Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Purbalingga di Bumi Perkemahan Munjuluhur, Sabtu (6/2). Peserta berasal dari utusan 18 Kwartir Ranting yang setiap Rantingnya mengirimkan dua barung putra dan dua barung putri.

Andalan Cabang Urusan Humas Kwarcab Purbalingga M.Si mengatakan, pesta siaga bertujuan sebagai wadah pembinaan yang terarah bagi peserta didik sehingga dapat meningkatkan pengetahuan, pengamalan, ketrampilan, serta mengembangkan diri pada gugus depan (Gudep) masing-masing. ”Pesta siaga tingkat Kwarcab  juga untuk menentukan wakil Kwarcab pada pesta siaga tingkat Binwil Banyumas,” kata Prayitno.

Dikatakan Prayitno, materi pesta siaga terdiri dari enam bidang dan terbagi dalam 12 tempat lomba yang disebut sebagai warung. Ke-12 warung tersebut meliputi warung hafalan bacaan pokok ibadah, warung yel-yel, warung kepribadian, warung tali dan ikatan, warung kompas, warung olah raga, parade puisi, parade geguritan, pentas budaya, kemudian warung bakti sosial bumbung kemanusiaan, dan warung patriotisme, disiplin pribadi dan kepemimpinan. ”Setiap barung putra dan putri harus mengunjungi semua warung dan menerima perintah dari kakak pembina,” kata Prayitno yang juga Kepala Sub Bagian Pemberitaan dan Media Massa Bagian Humas Setda Purbalingga.

Sementara itu Wakil ketua Kwarcab Bidang Bina Muda Drs Suyitno ketika membuka kegiatan pesta siaga mengatakan, sejalan dengan revitalisasi gerakan pramuka, hendaknya para anggota pramuka harus dapat memberikan kontribusi nyata dalam membangun suatu dunia yang lebih baik. ”Melalui revitalisasi gerakan pramuka pula, pramuka dapat menjadi wadah pembinaan bagi generasi muda yang cerdas, terampil, memiliki budi pekerti, berahklak mulia, dan mampu menjadi kader pembaharuan pembangunan bangsa,” kata Suyitno. (BNC/tgr)

Wakil Ketua Bidang Bina Muda Kwarcab Purbalingga Drs Suyitno ketika membuka pesta siaga tingkat Kwarcab di bumi perkemahan Munjuluhur (foto:tgr/BNC)

Wakil Ketua Bidang Bina Muda Kwarcab Purbalingga Drs Suyitno ketika membuka pesta siaga tingkat Kwarcab di bumi perkemahan Munjuluhur (foto:tgr/BNC)

Tentang Penulis

Leave A Response