Banyumas miliki ruang pamer sumber energi dan mineral

BANYUMAS – Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Banyumas melakukan langkah inovatif dengan menyediakan ruangan khusus untuk pelayanan informasi koleksi potensi energi dan sumber daya mineral yang ada di Kabupaten Banyumas. Di ruangan berukuran 7 X 4 meter persegi ini dipamerkan berbagai potensi sumber daya mineral serta sumber-sumber energi alternatif yang dikembangkan di Banyumas.

Saat menjelaskan berbagai koleksi di ruang pameran Dinas ESDM baru-baru ini, Kepala Dinas ESDM Ir. Ant.  Adi Wahyono, S.H., M.Si. menyatakan, “Ruang pameran dan informasi ini kami buat untuk mempromosikan berbagai potensi sumber daya mineral dan  sumber daya energi yang selama ini dikelola dan dipantau oleh Dinas ESDM Kabupaten Banyumas. Selain itu juga untuk sarana edukasi bagi masyarakat, khususnya bagi pelajar, mahasiswa dan masyarakat yang tertarik akan potensi sumber daya mineral dan sumber daya energi di Kabupaten Banyumas.”

Dijelaskan, koleksi yang ada saat ini akan terus ditambah dan diharapkan kerjasama masyarakat dan kalangan dunia akademik, termasuk mahasiswa yang mempunyai koleksi yang bisa dipamerkan untuk dapat menghubungi Dinas ESDM.

“Koleksi yang ada saat ini untuk sumber daya mineral dan batuan  mencapai 14 jenis, termasuk sampel batuan yang mengandung emas yang ditambang di Desa Paningkaban, Gancang, dan Cihonje Kecamatan Gumelar serta batu gamping di Desa Darmakradenan, Kecamatan Ajibarang. Kami menganggap bahwa potensi sumber daya mineral ini layak jual, baik dari segi kuantitas maupun kualitas” jelas Yarsono, S.H., M.H.

Selain koleksi batuan dari Kabupaten Banyumas ada pula koleksi batuan dari kabupaten lain seperti dari Karangsambung, Kabupaten Kebumen. Selain itu di ruang pamer ini juga ada peta daerah rawan bencana,gerakan tanah, peta daerah rawan bencana Gunung Slamet, peta geologi Kabupaten Banyumas, peta hidrogeologi Kabupaten Banyumas, peta cekungan air tanah kabupaten Banyumas dan leaflet seputar mitigasi bencana misalnya tanah longsor.

Satu hal yang menarik pada ruang pamer yaitu adanya informasi tentang data curah hujan dan gerakan tanah berbasis seluler. Dimana curah hujan yang terjadi dan  rekahan tanah di desa Cibangkong Kecamatan Pekuncen dapat terdeteksi secara online dan real time.

Beberapa koleksi energi alternatif dapat dilihat, seperti panel surya (solar cell) yang sudah dipakai oleh warga di Watuagung, Kecamatan Tambak sebanyak 50 unit. Juga dipamerkan mesin Pikohidro untuk Pembangkit Listrik bersumberkan pada tenaga air, lalu ada sampel hasil olahan etanol dari surgum berkadar 50%, etanol dari tetes tebu berkadar 90%, dan etanol dari nira berkadar 90%, serta  minyak mentah.

Ir  Ant.  Adi Wahyono, S.H., M.Si. mempersilakan warga masyarakat untuk mengunjungi Ruang Pameran dan Informasi Potensi Sumber Daya Mineral dan Energi Dinas ESDM yang beralamat di Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral  Jl. Kol. Sugiyono no.7 Purwokerto telp.(0281) 632338 selama jam kantor dan melakukan pemberitahuan terlebih dahulu. (BNC/banyumaskab)

Ruang Pamer ESDM
Ruang Pamer ESDM

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.