Bantuan Untuk Korban Bencana Puting Beliung di Kalibening

 Bupati Jasri memberikan bantuan untuk korban bencana puting beliung di Kalibening (foto:lan/BNC)
Bupati Jasri memberikan bantuan untuk korban bencana puting beliung di Kalibening (foto:lan/BNC)

BANJARNEGARA- “Masyarakat harus selalu mengecek dan waspada bencana, terutama di musim penghujan dan rawan terjadinya angin besar”, demikian himbauan Bupati Banjarnegara, Drs. Ir. H. Djasri, MM, MT di tengah-tengah acara penyerahan bantuan untuk korban angin puting beliung di Balai Desa Sidakangen, Kecamatan Kalibening, beberapa saat lalu.  Bupati juga berpesan kepada warga untuk meningkatkan ibadah dan sedekah karena bencana yang menimpa merupakan peringatan Allah agar umatnya lebih bertakwa.

Pada kesempatan ini Bupati menyerahkan bantuan kepada 34 KK dari Desa Sidakangen, Kecamatan Kalibening dan tiga KK dari Desa Pasegeran dan Sinduaji, Kecamatan Pandanarum berupa uang tunai sebesar Rp. 100 ribu untuk korban kerusakan ringan, Rp. 500 rb untuk rusak berat dan Rp. 1,5 juta untuk yang tempat tinggalnya hancur.  Sementara di Sidakangen terdapat satu rumah hancur, empat rusak berat dan 29 lainnya rusak ringan.  Menurut Sayfulloh, S.Sos, Camat Kalibening, kerugian ditaksir mencapai Rp. 90 juta.

Menurut Kepala Bagian Kesra Setda Banjarnegara, Dwi Suryanto, S.Sos,M.Si dana bantuan berasal dari anggaran untuk bencana. ”Sebelumnya juga sudah diberikan bantuan darurat berupa 300 lembar seng untuk rumah yang rusak,” jelasnya.  Ditambahkan oleh Sayfulloh dalam laporannya kepada Bupati, sudah diterima juga bantuan berupa selimut, sarung, sembako, mi instan, peralatan dapur, dan seng asbes. ”Semua bantuan itu merupakan koordinasi PMI, Disnakertransos, kecamatan, dan lembaga peduli bencana”, jelasnya.  Yang unik, sebagai bentuk keprihatinan, secara spontan Bupati menambahkan bantuan langsung dari dana pribadinya masing-masing sebesar Rp. 50 ribu kepada para korban.  Acara ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh Bupati.(BNC/lan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.