Tagana siap cegah dan atasi bencana

Ditulis 19 Jul 2009 - 21:26 oleh Sista BNC

Di lihat dari letak geografisnya, Kabupaten Banjarnegara memiliki 18 titik rawan bencana, khususnya zona utara. Berkaitan dengan itu sangat tepat jika generasi muda yang diwakili oleh Karang Taruna bisa memberikan sumbangsih terhadap permasalahan ini dengan mengadakan pelatihan pencegahan bencana. Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Banjarnegara, Drs Soehardjo MM dalam Pembukaan Diklat Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Tahap ke-2 di Desa Kebanaran, Kecamatan Mandiraja kemarin.
Wakil Bupati menekankan tujuan utama penanggulangan bencana adalah mencegah dan membatasi jumlah korban manusia serta kerusakan harta benda dan lingkungan hidup. ”Ibarat pepatah, kita harus sedia payung sebelum hujan, Tagana harus bisa menjadi unsur terdepan dalam penanggulangan bencana untuk berbuat menolong sesama berdasarkan sentuhan keikhlasan”, tegasnya.
Ia menambahkan gerakan penghijauan dan upaya menjaga kebersihan penting untuk digalakkan supaya pencegahan bencana baik yang disebabkan oleh peristiwa alam maupun ulah manusia bisa diatasi sejak dini.
Sementara itu, Ketua Panitia Diklat, Muntohar Awaludin, melaporkan Diklat Tagana Tahap ke-2 ini dilaksanakan selama 4 hari. Jumlah peserta 81 orang, dengan komposisi 80 orang dari seluruh Desa se-Kecamatan Mandiraja dan 1 orang peserta dari luar. Bentuk kegiatan berupa materi seputar bencana dan penanggulangannya, latihan praktik, simulasi bencana alam, out bond, pelatihan kepribadian, kepemimpinan, dan dapur umum. Adapun anggarannya dibiayai dari swadaya desa se-Kecamatan Mandiraja, Instansi Pemerintah di Wilayah Kabupaten Banjarnegara, dan beberapa sponsor. (banyumasnews.com/yov)

Tari Geol Banjarnegara yang dibawakan oleh siswa-siswa gabungan SD Kebanaran menyemarakan Upacara Pembukaan Diklat Tagana.

Tari Geol Banjarnegara yang dibawakan oleh siswa-siswa gabungan SD Kebanaran menyemarakan Upacara Pembukaan Diklat Tagana.

Wakil Bupati Banjarnegara, Drs. Soehardjo MM, menyematkan tanda peserta Diklat Tagana.

Wakil Bupati Banjarnegara, Drs. Soehardjo MM, menyematkan tanda peserta Diklat Tagana.

Tentang Penulis

& Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. Mr Banyumas 20/07/2009 pukul 18:40 -

    Betul sekali Mas, ini kita sedang melakukan beberapa ujicoba untuk design halaman.
    Terima kasih atas masukannya.
    Salam hormat.

  2. Budi 20/07/2009 pukul 11:07 -

    itu tulisan tag terutama yang kategorinya lebih dari satu (misal Banjarnegara, Features) menutupi (overlap) angka 1,2,3 dst (tautan) jadi gak enak dilihat dan gak kelihatan… sebaiknya diturunkan tulisan tag dan writen by-nya… bisa kan?

Leave A Response