Acara ‘Kuncung Semar’ peringati 40 hari wafatnya Gus Dur

Ditulis 02 Feb 2010 - 05:11 oleh Banyumas1

SOLO – Seniman dan budayawan serta sejumlah kelompok masyarakat Kota Solo akan menggelar acara ‘Kuncung Semar’ untuk memperingati 40 hari wafatnya mantan presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. Tema ‘Kuncung Semar’ tersebut dipilih karena selama ini Gus Dur dikenal masyarakat luas sebagai tokoh yang matang sekaligus memiliki sikap yang sangat polos seperti anak-anak yang mendidik bangsa dengan hal-hal bijak. Demikian dinyatakan dalang wayang suket Ki Slamet Gundono selaku koordinator Acara.

“Acara ini akan digelar pada 8 Februari sebagai wujud penghormatan dan terima kasih kepada Gus Dur untuk peranannya turut mendewasakan bangsa ini,” kata Slamet di Wisma Seni Taman Budaya Surakarta (TBS), Solo, Senin (1/2).

Menurut Slamet, acara itu dilaksanakan sebagai peristiwa kesenian dalam kerangka keragaman budaya dalam kebersamaan. Sebab selama ini Gus Dur juga dikenal sebagai tokoh kebangsaan yang antisekterian dan berpihak kepada kebudayaan.

“Meskipun kadang dengan hal-hal yang kontroversial, tidak terduga, tapi menyehatkan dan membuat orang untuk melakukan instropeksi. Kuncung merupakan rambut yang berada di atas dahi dan pada anak-anak itu melambangkan kepolosan,” jelasnya.

Ada sekitar 300 orang seniman dan budayawan turut serta dalam acara tersebut. Selain itu juga ada sebanyak 35 orang pasien Rumah Sakit JIwa (RSJ) Prof dr Soeroyo Magelang yang akan mengadakan pertunjukan jathilan.

Ki Slamet Gundono yang dikenal sebagai seniman dalang wayang suket tersebut mengatakan
“Berbagai kesenian dengan latar belakang budaya akan tampil dalam acara yang digelar di TBS. Sejumlah tokoh yang akan mengisi antara lain Gus Yusuf serta Gus Mus. Tetapi saat ini masih konfirmasi,” ujarnya.

Selain itu juga komunitas seniman santri Cirebon dan Tarling Amparan Jati Cirebon . Ada juga aksi reog dan barongsai Tri Pusaka Solo serta seniman dan budayawan lain. Selain acara seni, juga ada acara doa bersama untuk Gus Dur. (BNC/nuol/min)

Tentang Penulis

Leave A Response