Tips aman dan menyenangkan jalan-jalan ke Curug Nangga

curug nangga mei15Sudah pernah jalan-jalan ke Curug Nangga? Curug yang berada di desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah ini dalam tiga bulan terakhir menjadi destinasi wisata favorit di Banyumas, khususnya bagi mereka yang suka dengan wisata alam. Mengingat lokasi yang berada di perbukitan, akses jalan masuk dari pertigaan Cikawung (dari jalan raya Ajibarang – Bumiayu) ke desa Petahunan, dan track dari tempat parkir kendaraan menuju Curug Nangga yang menantang, sebaiknya persiapan dilakukan sebelum keberangkatan. Apa saja yang harus diperhatikan agar jalan-jalan Anda nyaman?

Berikut tips agar jalan-jalan Anda ke Curug Nangga aman dan menyenangkan :

1. Gunakan kendaraan yang ‘sehat’

Tanjakan menuju Petahunan dari pertigaan Cikawung (jillsr)
Tanjakan menuju Petahunan dari pertigaan Cikawung (jillsr)

Jalan masuk dari pertigaan Cikawung menuju Petahunan melewati tanjakan yang cukup terjal sepanjang 900 meter. Selain menanjak juga banyak tikungan tajam. Kemiringan tanjakan mungkin ada yang mencapai 45 derajat, karenanya kalau kendaraan Anda tidak sehat (baik sepeda motor maupun mobil) sebaiknya urungkan niat Anda ke Curug Nangga. Pastikan rem kendaraan Anda berfungsi baik, karena ketika pulang tentu akan menuruni jalan ini lagi. Juga kondisi ban kendaraan Anda pastikan jangan yang radial (Jawa: radi alus — alias gundul).

2. Jangan gunakan sepatu high heel

Trek menuju Curug Nangga sebagian sudah dipasang batu (@puadhasan)
Trek menuju Curug Nangga sebagian sudah dipasang batu (@puadhasan)

Ini mau wisata alam bro/sis, so jangan memakai sepatu seperti hendak ke pesta atau ke mall. Sepatu sport dengan bantalan sol yang bergerigi, atau sepatu lintas alam akan cocok untuk medan jalan dari area parkiran ke curug Nangga. Curug Nangga terletak di bukit sebelah utara desa Petahunan, menghadap ke selatan. Dari desa Petahunan kita harus menuruni bukit sekitar 700 meter, dengan kemiringan sekitar 45 derajat. Jadi seperti hutuf V.  Kondisi jalan saat ini berupa jalan yang diperkeras dengan belahan batu, namun sebagian masih dalam pengerjaan oleh pemerintah desa setempat. Undak-undakan jalan batu tentu akan menyiksa Anda kalau yang dipakai adalah sepatu high heel.

3. Bawa handuk kecil dan air mineral

Dari Curug Nangga kita akan naik menuju area parkir
Dari Curug Nangga kita akan naik menuju area parkir

Berjalan menurun sama capai-nya dengan jalan menanjak. Kaki kita menahan beban body kita saat menginjakkan kaki kita. Kadang lutut kita terasa bergetar. Keringat pun bercucuran. Nah handuk kecil akan membantu Anda menyeka keringat yang keluar dari tubuh Anda. Jangan lupa pula bawa air mineral untuk mengkompensasi dehidrasi karena keringat yang bercucuran. Air mineral ini banyak dijual di warung-warung yang mulai bermunculan di sepanjang trek menurun menuju Curug Nangga.

4. Datang ke Curug Nangga pagi hari

Datang siang, matahari menyengat (@puadhasan)
Datang siang, matahari menyengat (@puadhasan)

Dengan datang pagi udara masih segar di alam pegunungan dengan pemandangan yang asri. Agak siang sedikit, terik matahari menyengat tubuh, apalagi di alam terbuka dimana trek menuju Curug Nangga berada di deretan pematang sawah yang tidak ada pohon pelindung. Kalau harus datang siang hari, jangan lupa pakai krem sun block.

5. Bawa baju ganti

Grujugan air curug Nangga menggoda untuk mandi (@puadhasan)
Grujugan air curug Nangga menggoda untuk mandi (@puadhasan)

Datang ke Curug kalau tidak basah ya percuma saja…. walau tidak mandi, maka melihat grujugan air akan menggoda kita untuk setidaknya menginjakkan kaki ke genangan air di bawah curug. Terlebih saat air debitnya tidak terlalu banyak, kita bisa mandi (walaupun ada larangan mandi dipasang di situ, namun banyak yang tetap mandi terutama di trap curug ke-dua dari atas). Nah baju ganti perlu Anda bawa kalau memang Anda suka bermain air alias mandi di curug.

6. Berhenti sejenak ketika nafas terengah-engah

Trek yang menantang bikin nafas ngos-ngosan, sebaiknya berhenti dulu
Trek yang menantang bikin nafas ngos-ngosan, sebaiknya berhenti dulu

Baik jalan turun maupun naik, sama capainya. Nafas kita terengah-engah, terlebih bagi mereka yang jarang olah raga. Nah ketika Anda merasa nafas Anda ngos-ngosan sebaiknya istirahat, duduk-duduk di warung-warung yang kini banyak berdiri di sepanjangg trek menuju Curug Nangga, sambil ngisis mengharap angin sepoi menerpa tubuh kita … hmm suegernya kalau pas angin datang.

7. Bawa bekal makanan lebih baik atau bisa order dulu ke warga setempat

Pak Sakum, pemandu yang mau menemani kita turun ke Curug Nangga. Anaknya (Mba Linah) bisa terima pesanan makan
Pak Sakum, pemandu yang mau menemani kita turun ke Curug Nangga. Anaknya (Mba Linah) bisa terima pesanan makan

Bagi Anda yang datang dari luar Banyumas, tentu bekal makanan perlu dibawa. Setelah jalan kaki menuruni bukit kemudian naik curug, kemudian balik lagi menaiki bukit menuju parkiran, tentu rasa lapar dan haus segera ingin diusir. Nah Anda bisa bawa bekal sendiri, namun kalau tidak sempat Anda bisa pesan dahulu makan siang/sore untuk rombongan Anda ke penduduk setempat yang tinggal di sekitar area parkiran. Salah satu yang bisa menerima pesanan Anda adalah Bu Linah, HP 08122951698. Bu Linah ini rumahnya selalu welcome untuk Anda yang mau numpang ke kamar kecil atau mandi, ganti baju, dan leyeh-leyeh sejenak sebelum kita meninggalkan Petahunan. Kita bisa pesan nasi dengan sayur asem, lauk ikan mujaer, ayam gorang, tahu/tempe, dan jangan lupa sambel terasinya, untuk jumlah rombongan kita.

Demikian sedikit tips agar jalan-jalan Anda ke Curug Nangga aman dan menyenangkan. Semoga bermanfaat (BNC/phd)

 

 

 

3 Comments

  1. Saya rencana mau ke Curug Nangga akhir Desember 2017 nanti dan mengajak orang tua saya yang bermur 75 tahun.

    Kira kira apakah orang tua saya bisa menunggu dimana ya?

    Kalau memang tidak ada tempat yang nyaman mungkin orang tua saya bisa menunggu di hotel saja.

    Terima kasih

    Venny

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.