Gempa Cilacap, Ratusan Nelayan Takut Melaut

Nelayan Cilacap menarik perahu mereka,mengurungkan niat melaut (foto:tin/BNC)
Nelayan Cilacap menarik perahu mereka,mengurungkan niat melaut (foto:tin/BNC)
Kapal kapal nelayan yang bersandar, menunggu situasi laut membaik (foto:tin/BNC)
Kapal kapal nelayan yang bersandar, menunggu situasi laut membaik (foto:tin/BNC)

CILACAP-Gempa berkekuatan 5 skala ricther yang terjadi Kamis (29,01) siang di Cilacap Jawa Tengah, ternyata membuat ratusan nelayan setempat takut melaut. Mereka mengaku khawatir, jika gempa berdampak pada gelombang laut. karena dalam sepekan terakhir gelombang di laut Cilacap cukup tinggi.

Meski gempa tidak berdampak pada kerusakan fasilitas umum. Namun getaran gempa tersebut sempat dirasakan oleh sejumlah warga yang rumahnya berada di sepanjang pantai Teluk Penyu.

Sejumlah nelayan mengurungkan niat mereka untuk melaut. Sementara petugas Badan Meteorologi Cilacap beberapa saat setelah gempa langsung mengumumkan kepada nelayan agar untuk sementara tidak melaut.

Menurut stasiun Meteorologi Cilacap, gempa tersebut berlokasi 9,62 derajat lintang selatan hingga 108,8 derajat bujur timur atau 212 kilometer barat daya Cilacap.

“ Terus terang kami nelayan masih trauma dengan bencana tsunami yang terjadi beberapa waktu lalu. Karena itu saya dan teman teman memilih menunggu situasi laut lebih aman sambil memperbaiki jaring dan badan kapal,” ujar Warsim (47), seorang nelayan.

Menurut nelayan, situasi di perairan dalam sepekan ini kurang akrab. Gelombang laut di Cilacap mencapai empat meter. Kondisi ini memaksa ratusan nelayan di sepanjang pantai teluk penyu dan sentolo kawat menyandarkan kapal kapal mereka (BNC/tin).

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.