Sukses gelar Banyumas Extravaganza, Banyumas siap jadi tuan rumah Hari Jadi Jawa Tengah

kang mas mbekayu banyumas extravaganza 2015BanyumasNews.Com – Banyumas akan menjadi tuan rumah perayaan Hari Jadi Jawa Tengah pada 15 Agustus 2015 mendatang. Hal ini terungkap dari sambutan Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein di event Banyumas Extravaganza 2015, yang digelar Minggu 19 April 2015. Dalam sambutannya Bupati Banyumas menyatakan kesiapannya menjadi tuan rumah HUT Jawa Tengah. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga hadir di event tahunan kota Purwokerto ini.

Penunjukan Banyumas sebagai tuan rumah Hari Jadi Jawa Tengah tentunya tidak terlepas dari suksesnya penyelenggaraan event besar di Banyumas. Seperti event Banyumas Extravaganza sebagai puncak perayaan Hari Jadi Banyumas ke-433 yang berlangsung semarak dan dihadiri ribuan pengunjung dari Purwokerto dan daerah lain di Kabupaten Banyumas maupun dari kabupaten tetangga yang memadati ruas jalan protokol kota Purwokerto mulai dari lokasi start Jl. S Parman (depan bioskop Rajawali), perempatan Srimaya, Jalan Jenderal Soedirman hingga finish di alun-alun Purwokerto.

Sejak pukul 10.00 WIB hingga akhir kegiatan sekitar pukul 16 WIB penonton berjubel menantikan parade peserta arak-arakan seni budaya lewat di depan mereka. Mereka rela berpanas-panasan demi menyaksikan aneka jenis kesenian yang ditampilkan dalam event ini dari mulai kesenian khas kentongan, calung hingga dangdut. Ditampilkan pula tarian kolosal Banyumas Ngibing. Berbagai macam kreasi seni ditampilkan dalam Banyumas Extravaganza 2015 yang bertema Payung Kertas Kalibagoran dalam Lambaian Batik Banyumasan.

Bawor ikon Banyumas dan gadis berpayung kertas Kalibagor (@puadhasan)
Bawor ikon Banyumas dan gadis berpayung kertas Kalibagor (@puadhasan)

Sesuai temanya, payung kertas Kalibagor dan batik Banyumasan tampak mendominasi, sekalipun tidak semua peserta memakai payung kertas Kalibagor. Pemilihan payung kertas Kalibagor sebagai tema berhubungan erat dengan keinginan Pemkab Banyumas melestarikan tradisi turun menurun yang dikembangkan oleh masyarakat Banyumas.

Kegiatan Extravaganza Banyumas 2015 diselenggarakan untuk memperingati Hari Jadi Banyumas ke-433, sekaligus mencanangkan tagline ‘Better Banyumas’.

Sebagai sebuah sub kultur, Banyumas merupakan salah satu daerah yang iconic, yang punya ciri dan kekhasan budaya sendiri yang berbeda dengan Semarang dan Solo. (BNC/phd)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.