Kalikondang mewakili dua mata lomba pekan seni pelajar

Ditulis 17 Jul 2009 - 22:12 oleh Sista BNC

Kecamatan Kaligondang mewakili Kabupaten Purbalingga dalam dua mata lomba pekan seni pelajar SD tingkat eks-Karesidenan Banyumas pada 29 Juli mendatang. Dua mata lomba tersebut adalah Seni Tari Jawa Klasik dan seni karawitan.
Guru seni dan pelatih kawaritan Kaligondang, Ki Dalang Kusno mengatakan Kecamatan Kaligondang akan mengirimkan tim karawitan dan tari jawanya pada lomba serupa di tingkat eks-Banyumas di Purwokerto.
KD Kusno mengatakan dalam pekan seni pelajar SD, beberapa kegiatan yang dilombakan antara lain lukis, geguritan, paduan suara, pencak silat, tari jawa klasik dan karawitan. Kesemuanya merupakan lomba berjenjang hingga tingkat propinsi.
Dijelaskan Kusno, dalam lomba karawitan kali ini tiap regu terdiri dari 18 siswa-siswi SD baik pengrawit maupun sinden. Kriteria penilaian meliputi rempeg, garap dan penyajian. Tiap regu wajib menampilkan gending wajib Ladrang Lipur Sari Laras Slendro Patet Manyuro, dan Lelagon Nonton Wayang Laras Pelog Patet Lima.
Hasil kejuaraan dalam pekan seni pelajar SD bidang karawitan tingkat kabupaten, juara I dari Kecamatan Kaligondang, juara II Kemangkon dan juara ketiga kecamatan Kalimanah. (banyumasnews.com/umg)

Tentang Penulis

Leave A Response