Tokoh oposisi Malaysia Anwar Ibrahim ziarahi makam Gus Dur

Ditulis 29 Jan 2010 - 06:26 oleh Banyumas1

JOMBANG – Mantan Deputi Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim berziarah ke makam Presiden RI ke-4, KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Anwar datang bersama sejumlah tokoh, antara lain Dato’ Ravi dari Partai Keadilan Rakyat (PKR) Malaysia. Tanpa pengawalan petugas keamanan, Anwar Ibrahim berziarah dan berdoa di makam Gus Dur, di area Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Kamis (28/1/2010).

Sembari berdiri, Anwar Ibrahim tampak khusyuk berdoa di makam mantan Ketua Umum PBNU itu. Sesekali Anwar Ibrahim yang kini menjadi tokoh oposisi Malaysia itu terlihat menghela nafas.

Usai berdoa, Anwar Ibrahim dan Dato’ Ravi berkunjung ke kediaman pengasuh Pesantren Tebuireng, KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah), yang juga adik Gus Dur. Pertemuan antara keduanya berlangsung tertutup.

Menurut Anwar, Gus Dur merupakan tokoh yang menyejukkan dan mendamaikan umat beragama. Anwar Ibrahim menyatakan, gagasan dan ajaran Gus Dur sangat sesuai untuk diterapkan di Malaysia, yang sedang terjadi pertentangan antara kelompok Islam dan non-Islam.

“Kita datang berziarah karena akan melanjutkan risalah perjuangan Gus Dur tentang Islam kultural dan Islam sederhana. Selain untuk memupuk demokrasi dan toleransi. Jadi kita harus terapkan karena pengaruh Gus Dur sangat kuat di Malaysia,” kata Anwar Ibrahim dengan dialek Melayu yang khas.

Hubungan antara Anwar dengan Gus Dur cukup dekat. Pada 17 Maret 2008, Gus Dur berkunjung ke kediaman Anwar Ibrahim di Bukit Segambut, Malaysia. Sedang Anwar Ibrahim juga pernah berkunjung ke kediaman Gus Dur di Ciganjur, 26 November 2009. (NU/OL/min)

Tentang Penulis

Leave A Response