Pagentan Peroleh Dana BLM PUAP

Ditulis 28 Jan 2010 - 19:05 oleh Sista BNC

Sekda Banjarnegara Syamsudin SPd MPd menyerahkan secara simbolis dana Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) Pengembangan Agrobisnis Pedesaan (PUAP) tahun 2009.

Sekda Banjarnegara Syamsudin SPd MPd menyerahkan secara simbolis dana Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) Pengembangan Agrobisnis Pedesaan (PUAP) tahun 2009.

BANJARNEGARA – Sekretaris Daerah Kabupaten Banjarnegara Syamsudin, SPd,MPd menyerahkan secara simbolis dana Bantuan langsung Masyarakat (BLM) Pengembangan Agrobisnis Pedesaan (PUAP) tahun 2009 di balai Desa Larangan Kecamatan Pagentan hari Rabu(27/01) kemarin. Bantuan diberikan tiga gapoktan yaitu gapoktan Margodadi Desa Larangan, gapoktan Sidadadi Desa Gumingsir dan gapoktan Sri rejeki dari Desa kalitlaga. Masing-masing gapoktan menerima bantuan dana sebanyak seratus juta rupiah.

Menurut Sulistyono, ST anggota tim teknis PUAP Kabupaten Banjarnegara pemberian dana dana tersebut merupakan salah satu bagian dari program pengentasan kemiskinan dari Departemen Pertanian. “Program ini sangat strategis untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, karena selain pemberian dana didalamnya mengandung unsur pendidikan pengelolaan keuangan dan juga kedisiplinan,” ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Syamsudin. Menurutnya bila dikelola dengan baik dan amanah program ini bisa melahirkan lembaga keuangan mikro yang kuat yang berakar pada kepentingan dan kepedulian anggotanya. “Apalagi bila diintegrasikan dengan potensi lokal dan disinergikan dengan program lainnya seperti PNPM, PPIP, dan lain sebagainya tentu akan memperoleh hasil lebih sempurna,” tegasnya.

Lebih lanjut Syamsudin mengatakan bahwa potensi utama di Kabupaten Banjarnegara adalah pertanian, untuk itu pertanian pulalah yang bisa dijadikan kunci untuk mengangkat kesejahteraan masyarakat Banjarnegara. Untuk itu dia berharap  agar masyarakat senantiasa menjaga dan melestarikan lingkungan. “Jangan sampai anugerah berupa kesuburan tanah ini sampai rusak karena ulah kita sendiri,” imbuhnya.

Bantuan BLM KUAP ini untuk Kecamatan Pagentan merupakan yang kedua kalinya, setelah pada periode sebelumnya empat desa memperoleh bantuan serupa. Keempat desa tersebut adalah Desa Kayuares, Aribaya, Babadan dan Karekan (BNC/bam)

Tentang Penulis

1 Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. Risman 21/04/2010 pukul 01:32 -

    Menurut yg terutama dibutuhkan petani adl informasi pasar dan pemasaran, khususnya utk petani holtikultura. Komoditi yg pny nilai jual tinggi dg jaminan pemasaran. Pemkab mestinya bs memfasilitasi ini.

Leave A Response