Mengenal 5 batu paling unik di Indonesia

Ditulis 08 Mar 2015 - 22:59 oleh Banyumas1

BanyumasNews.Com – Kita tinggalkan sejenak obrolan tentang batu akik ataupun gemstone yang sedang menjadi fenomena di nusantara. Karena selain Indonesia memiliki kekayaan alam berupa batuan yang bisa menjadi perhiasan yang eksotik, batu mulia, permata dan batu akik, ternyata Indonesia juga memiliki kekayaan berupa keunikan batu dalam arti batu yang sebenarnya yang tidak ditemui dimanapun di dunia.

Indonesiangemstone.com pernah memuat setidaknya ada 5 batu unik dan aneh di Indonesia yang layak dikunjungi sebagai obyek wisata, terutama untuk Anda yang menyukai kunjungan ke tempat-tempat khas dan unik bahkan memiliki keanehan (misteri) baik bentuknya maupun asal-usulnya.

Daftar 5 batu paling unik itu:

1. Bukit Kelam
Bukit Kelam merupakan sebuah bongkahan batu besar raksasa monoilit yang diklaim sebagai batu terbesar di dunia. Letaknya 20 kilometer dari kota Sintang Kalimantan Barat.

Batu Kelam merupakan Cagar Alam Bukit Kelam Sintang dengan ketinggian hingga 900 meter dpl dan kemiringan antara 15 – 40 derajat. Di sini merupakan tempat sempurna untuk paragliding dan panjat tebing. Cagar alam ini juga menyediakan tantangan bagi mereka yang menyukai hiking dan trekking. Di kawasan cagar alam ini ada pula tempat perkemahan yang luas dan aman.

Cagar alam Bukit Kelam Singkawang (belantaraindonesia.com)

Cagar alam Bukit Kelam Singkawang (belantaraindonesia.com)

Cagar Alam Bukit Kelam Sintang menawarkan kegiatan lengkap untuk menikmati kemegahannya yang menawan. Hiking melalui jalur menantang dan menemukan yang bersembunyi di balik semak – semak. Anda juga bisa berkenalan dengan beberapa penduduk setempat.

Untuk petualangan lebih berani, saat sampai ke sisi bukit Anda juga dapat merasakan paralayang yang mendebarkan jantung sambil bermain angin di ketinggian.

2. Batu Belimbing
Batu unik ini dinamakan Batu Belimbing karena bentuknya mirip buah belimbing dengan lekuk-lekuk di sekelilingnya. Batu ini terletak di daerah Namtet, Gang Batu Belimbing, kelurahan Nyarumkop, Kecamatan Singkawang Timur, Singkawang, Kalimantan Barat. Batu tersebut terletak setidaknya 300 m bagian selatan dari Kantor Camat Singkawang Timur.

Batu Belimbing (paronamio.com)

Batu Belimbing (paronamio.com)

Konon, batu tersebut merupakan batu meteor yang jatuh ke bumi. Namun secara ilmiah lekukan yang terjadi pada batu tersebut akibat kikisan dan erosi yang terjadi pada batu tersebut selama bertahun-tahun yang lalu. Bentuknya yang unik dan aneh ini menarik perhatian masyarakat untuk melihatnya sehingga menjadi potensi wisata di daerah Singkawang.

3. Batu Kemaluan Pantai Kundur
Disebut batu kemaluan sebab bentuknya yang menyerupai alat kelamin lalaki-laki. Baru ini ada di pantai Kundur, Kecamatan Kundur, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepri. Selain wisatawan lokal, sejumlah wisatawan dari Malaysia dan Singapura pernah berkunjung ke pantai ini sekedar melihat keanehan batu-batu besar yang menyimpan mitos tersebut.

Batu Kemaluan Pantai Kundur (melayuwae.blogspot.com)

Batu Kemaluan Pantai Kundur (melayuwae.blogspot.com)

Batu ini kokoh seolah melambangkan kekekaran kaum lelaki masa lalu. Konon batu ini berasal dari sumpahan para leluhur kepada salah seorang lelaki yang melakukan perbuatan tercela yang sangat dilarang pada saat itu.

Tidak jauh dari batu kelamin lelaki tersebut, masih ada batu lainnya yang berbentuk kelamin wanita. Hanya saja saat ini bentuknya sudah tidak utuh lagi akibat hempasan ombak dan kikisan air serta ulah tangan-tangan jahil.

Batu kemaluan ini sebenarnya merupakan objek wisata alam yang sangat baik untuk dikembangkan. Namun sampai saat ini belum beguti dikenal oleh masyarakat Pulau Kundur, sebab tidak pernah dipromosikan dan sebar lauskan keberadaannya. Padahal letaknya pun tidak terlalu jauh dari jalan besar Prayun atau Selat Beliah.

Letak batu tepat di tengah pantai yang berpasir dan di sekilingnya masih banyak ditumbuhi pepohonan besar. Ada beberapa bagian pinggir pantai yang dijadikan tempat pendaratan para nelayan. Perahu nelayan pun banyak berjajar di sepanjang pantai tersebut.

4. Batu Apung Marowali

Batu ini seolah mengapung di atas air, terletak di dekat kawasan hutan lindung Marowali, Kabupaten Marowali, Provinsi Sulawesi Tengah. Perjalanan ke kawasan ini hanya dapat ditempuh dengan perahu motor dari Kolonodale (Marowali).

Batu Apung Morowali (twitter.com)

Batu Apung Morowali (twitter.com)

Sekitar hutan lindung ini di darat dihuni oleh penduduk asli Suku Wana yang masih sangat terkebelakang, sedangkan dipesisir pantai di atas permukaan laut dihuni oleh suku Bajoe.
Berbagai satwa hutan lindung Marowali yang tidak ada duanya ditempat lain yaitu Anoa, Kelelawar Raksasa dengan bentangan sayapnya sampai 2 meter

5. Batu Malin Kundang
Batu Malin Kundang adalah relief batu berupa pecahan kapal dan seseorang yang disebutkan sebagai Malin Kundang tertelungkup di pesisir Pantai Air Manis, Kota Padang, Sumatera Barat. Bongkahan batu menggambarkan akhir hidup tokoh Malin Kundang, saudagar yang saat kedatangannya ke kampung halaman mendapat kutukan karena menolak mengakui ibunya.

Relief batu Malim Kundang (gudangpertanyaan.com)

Relief batu Malim Kundang (gudangpertanyaan.com)

Keberadaan Batu Malin Kundang telah mempopulerkan Pantai Air Manis, tempat latar legenda sebagai salah satu daya tarik wisata di Padang. Menurut Wikipedia, relief pada Batu Malin Kundang sendiri dikerjakan pada 1980-an, hasil karya Dasril Bayras bersama Ibenzani Usman.

Kondisi batu Malin Kundang mulai memperihatinkan sejak tahun 2000. Tingginya abrasi yang ada di kawasan pantai ini membuat batu semakin cepat mengikis, bahkan terlihat sebagian ada yang hancur.

Di Banyumas juga ada batu unik dengan ukuran lebih besar dari rumah biasa, yaitu watu atau Batu Sinom. Keunikan batu ini selain ukurannya yang besar dan berada ‘sendirian’, dalam arti tidak terdapat batuan di sekelilingnya, juga karena legenda yang melingkupinya, yaitu legenda Kamandaka yang sangat terkenal di Banyumas sehingga menjadi nama sebuah kereta api relasi Purwokerto-Semarang, KA Kamandaka. Watu Sinom akan kami muat dalam tulisan berikut. (BNC/berbagai sumber)

Watu atau Batu Sinom Kedungbanteng Banyumas (google)

Watu atau Batu Sinom Kedungbanteng Banyumas (google)

Tentang Penulis

1 Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. ahmadrifai 01/08/2015 pukul 21:53 -

    JUAL BONGKAHAN BACAN DOKO SUPER
    ASLI DARI HALMAHERA SELATAN ( PULAU KASIRUTA )
    BAHAN BACAN SUPER KRISTAL MALUKU UTARA.
    Kondisi bahan ;.
    – Bahan / rough bacan doko asli bukan sintetis.
    – Bahan tua (galian lama).
    – Kualitas super kristal- Sudah tembus.
    – Bahan keras dan padat.
    – Siap gosok poles.
    – Daging utuh, tanpa kapur.
    – Tidak rapuh, tidak mudah pecah / retak.
    – Deskipsi sesuai apa adanya, harap diperhatikan dengan baik
    Daftar harga :
    1 0ns ; Rp 500rb
    5.ons Rp.1.250.000
    1.kg Rp 2.500.000
    5 kg Rp 6.000.000
    10 Kg Rp 8.000.000
    15,kg Rp.10,000,000,
    Melayani Pembelian Per Kilo Dan Per Ons Untuk Bongkahan
    Kita Juga Melayani Pembelian Luar Daerah Dan Luar Kota
    setiap pembelian perkilo dapat bonus 1 permata batu bacan dan bongkahan batu bacan ukuran kecil Origin untk yg mau pesan hub ;
    Hp.085298487117 atau 081998328877
    pin :584BDC38

Leave A Response