Purwokerto – Banjarnegara lewat jembatan Linggamas, waktu tempuh lebih singkat

linggamas dari arah petir (kendar tjakrawerdaya)BanyumasNews.Com – Perjalanan dari Purwokerto ke Banjarnegara kini bisa ditempuh dengan waktu lebih singkat setelah jembatan Linggamas yang menghubungkan antara Kabupaten Banyumas dengan Kabupaten Purbalingga difungsikan. Jembatan itu melintasi Sungai Klawing yang menghubungkan Kecamatan Sokaraja (desa Petir) Kabupaten Banyumas dengan Kecamatan Kemangkon (desa Kedungbenda) Kabupaten Purbalingga, dan diresmikan penggunaannya oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada Kamis siang (5/03/15).

Penandatanganan prasasti berfungsinya jembatan Linggamas oleh Gubernur Ganjar Pranowo (FB)
Penandatanganan prasasti berfungsinya jembatan Linggamas oleh Gubernur Ganjar Pranowo disaksikan Bupati Banyumas Achmad Husein, Bupati Purbalingga Sukento Ridho Marhaendrianto dan mantan Bupati Banyumas Mardjoko (FB)

Menengok ke belakang, pembangunan jembatan Linggamas dicanangkan oleh dua bupati bertetangga yakni Bupati Purbalingga Drs H Heru Sudjatmoko MSi (kini Wakil Gubernur Jawa Tengah) dan Bupati Banyumas Mardjoko, yang bersama-sama mencanangkan dimulainya pembangunan Jembatan Linggamas, pada Kamis 19 Juli 2012.

Ketika itu, pencanangan diawali oleh Bupati Marjoko dari Desa Petir Kecamatan Kalibagor, Banyumas yang berada diseberang Desa Kedungbenda Kecamatan Kemangkon, Purbalingga. Sedangkan Bupati Heru bersama rombongan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) menyeberangi sungai Klawing menggunakan perahu tradisional menuju lokasi pencanangan.

Hemat waktu tempuh

Rute dari Purwokerto menuju Banjarnegara yang selama ini dikenal adalah dua jalur utama, yaitu Purwokerto-Sokaraja-Purbalingga-Bukateja-Klampok-Banjarnegara dan Purwokerto-Sokaraja-Banyumas-Klampok-Banjarnegara. Dengan berfungsinya jembatan yang dibangun hampir 3 tahun itu, rute ke Banjarnegara bertambah satu alternatif yaitu: Purwokerto-Sokaraja-Kemangkon-Klampok-Banjarnegara.

Menurut pengamatan BanyumasNews.Com dalam kesempatan jalan-jalan ke Banjarnegara dari Purwokerto Jum’at (6/03/15), dengan kendaraan roda empat, waktu tempuh bisa dihemat sekitar 15 menit daripada melewati rute Purwokerto-Sokaraja-Purbalingga-Bukateja-Klampok-Banjarnegara.

Yang bisa melewati ‘rute baru’ itu hanya kendaraan roda dua dan roda empat (minibus atau pick up, truck engkel tidak direkomendasikan), mengingat lebar jalan di ujung desa Petir hingga jembatan Linggamas masih sempit. Jalur yang melewati sawah itu sulit untuk berpapasan kendaraan roda empat, sekalipun jenis minibus, dan harus sangat hati-hati karena kanan kiri jalan adalah sawah. Lebar jalan kurang dari empat meter.

“Jalannya mewah alias mepet sawah”, kata Novel (35) yang hari itu ikut jalan-jalan mencoba melewati jembatan Linggamas.

Seperti diberitakan, jembatan Linggamas diresmikan penggunaannya oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada hari Kamis (5/03/15), ditandai dengan penandatanganan prasasti yang disaksikan oleh Bupati Banyumas Ir Achmad Husein dan Bupati Purbalingga Sukento Ridho Marhaendrianto, serta mantan Bupati Banyumas Mardjoko. (BNC/phd/foto atas: kandar tjakrawerdaja)

tute purwokerto - banjarnegara via linggamas
Rute tengah (biru) lebih singkat untuk menuju Klampok Banjarnegara dari Purwokerto (google)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.