Warga Trauma Puting Beliung,180 Rumah Rusak

Ditulis 27 Jan 2010 - 19:39 oleh Banyumas1

PURBALINGGA-Warga Purbalingga kini trauma dengan bencana puting beliung yang kerap melanda wilayah tersebut. Karena itu hingga Rabu (27/01) sejumlah warga masih mengungsi ke rumah kerabat yang lebih aman.

Seperti diberitakan ,180 rumah rusak berat dan ringan akibat bencana angin puting beliung yang menerjang tiga desa, yakni Majatengah, Kedunglegok, dan Senon, semuanya di wilayah Kecamatan Kemangkon, Purbalingga,Senin (25/1) sore.Tidak ada korban jiwa manusia dalam musibah tersebut, namun Pemkab setempat mencatat, kerugian sementara mencapai Rp 232 juta.
“Upaya perbaikan atas rumah-rumah yang rusak kini masih terus dilakukan, dengan melibatkan berbaai pihak, seperti Polres , Kodim 0702/Purbalingga, dan Taruna Tanggap Bencana (Tagana). Serta¬† Palang Merah Indonesia Cabang Purbalingga telah menerjunkan personelnya untuk membantu para korban angin puting beliung di tiga desa tersebut,” ujar Camat Kemangkon, Drs Imam Sujono , Selasa (26/1).
Berdasarkan pendataan sementara, dari 180 rumah yang rusak itu, terinci Desa Majatengah mencapai 160 unit, Desa Kedunglegok sebanyak 12 unit, dan Desa Senon sebanyak delapan unit.
“Semoga jumlah tersebut tidak berkembang lagi, namun kami belum bisa memastikan berapa kerugian yang diderita warga,” katanya.
Ia mengatakan, pihaknya telah melaporkan bencana angin puting beliung tersebut kepada Pemerintah Kabupaten Purbalingga.
Menurut dia, bantuan bahan pangan dari Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) serta Palang Merah Indonesia Cabang Purbalingga telah diterima dan segera didistribusikan kepada para korban.
Sementara itu Kepala Desa Majatengah Samsiyah mengatakan, bencana ini merupakan yang pertama kali terjadi.
“Informasi yang kami peroleh, bencana angin seperti ini belum pernah melanda Desa Majatengah.” katanya.
Dari pantauan di lokasi bencana, Polres Purbalingga, Kodim 0702/Purbalingga, Taruna Tanggap Bencana (Tagana), dan Palang Merah Indonesia Cabang Purbalingga telah menerjunkan personelnya untuk membantu para korban angin puting beliung di tiga desa tersebut.  (BNC/tgr)

Tentang Penulis

Leave A Response