Terdakwa pencuri kapuk dituntut 1 bulan

Ditulis 26 Jan 2010 - 21:36 oleh Banyumas1

BATANG – Masih ingat kasus pencurian kapuk di Batang? Dua terdakwa pencurian kapuk di Perkebunan Sigayung, Kecamatan Tulis, Kabupaten Batang, Jawa Tengah senilai Rp. 12 ribu itu dituntut satu bulan penjara dan empat bulan masa percobaan oleh jaksa.

Sebagaimana ditulis Antara, dalam sidang dengan agenda pembacaan penuntutan di Pengadilan Negeri Batang, Selasa (26/1), Jaksa Leli Meilinda menyatakan, berdasarkan keterangan para saksi, terdakwa Manisih, 40, dan Sri Suratmi, 19, telah memenuhi unsur dakwaan melakukan pengambilan buah kapuk di Perkebunan Sigayung, Kecamatan Tulis, pada 2 November 1999.

Akibat perbuatannya, jaksa menuntut pada kedua terdakwa dikenai Pasal 363 KUHP Ayat 4 KUHP Tentang Pencurian dengan Pemberatan.

Sidang dengan agenda pembacaan tuntutan yang dipimpin Ketua Hakim, Tirolan Nainggolan ini, jaksa juga menyatakan, hal yang meringankan kedua terdakwa, adalah keduanya bersikap sopan di setiap persidangan dan belum pernah dihukum. Sedangkan, hal yang memberatkan hukuman terhadap terdakwa, adalah akibat tindakannya telah menimbulkan keresahan warga dan mengambil barang milik orang lain.

Terdakwa Manisih usai sidang mengatakan, dirinya merasa keberatan dengan tuntutan JPU dan akan melakukan pembelaan. “Jujur saja, saya sudah stres mengikuti sidang yang tak kunjung selesai. Kami minta sidang ini bisa secepatnya diputuskan karena saya juga mempunyai tanggung jawab untuk mencukupi kebutuhan keluarganya,” katanya.

Kuasa hukum terdakwa, Muhnur mengatakan, kliennya tidak ada unsur melakukan pidana karena saat ini hanya mencari sisa buah kapuk yang jatuh ke tanah untukmencukupi kebutuhan hidupnya.

Jika seseorang hanya mencari sisa-sisa barang atau sisa kapuk bisa diketegorikan melakukan perbuatan pidana, katanya, berapa banyak orang akan mendapatkan ancaman hukuman. “Karena itu, dengan adanya ancaman itu maka kami keberatan dan akan melakukan pembelaan dalamsidang lanjutan yang akan digelar Kamis (28/1),” katanya. (BNC/Ant)

Tentang Penulis

Leave A Response