Pegadaian targetkan buka 1500 outlet baru, Danamon siap bentuk unit pegadaian

Ditulis 25 Jan 2010 - 21:50 oleh Banyumas1
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
47
Dalam Tag

SEMARANG – Memasuki tahun 2010, Perum Pegadaian bersiap melakukan ekpansi usaha dengan target membuka 1.500 outlet baru, setelah berhasil membuka 1.000 outlet yang ditargetkan pada 2009 lalu. Saat ini Pegadaian telah memiliki 3.200 outlet di seluruh Indonesia.

Demikian disampaikan Direktur Utama Perum Pegadaian Chandra Purnama di Semarang, Senin (25/01). Pembukaan 1.500 outlet baru Pegadaian tersebut akan menyebar di seluruh wilayah Indonesia.

Menurut dia, pertimbangan Perum Pegadaian dalam membuka outlet baru selama ini didasarkan pada perkembangan yang terjadi di masyarakat, seperti perkembangan pasar, mal, atau hunian-hunian baru. Meskipun target membuka outlet sebanyak itu memang cukup besar, namun pihaknya menganggap sebagai sebuah tantangan dan tetap optimistis target tersebut akan tercapai.

Berkaitan dengan omzet yang dicapai Perum Pegadaian selama 2009, ia mengatakan, omzet yang diperoleh selama tahun 2009 juga melampaui target yang telah ditetapkan. Dari target omzet sebesar Rp. 48 triliun, realisasi pencapaian omzet ternyata mencapai sekitar Rp49 triliun. Untuk tahun 2010 target omzet sekitar Rp75,5 triliun, dengan pembenahan sistem teknologi komunikasi dan informasi (ICT) di 18 titik kota besar di seluruh Indonesia, sehingga pelayanan akan bersifat `online`.

Penambahan outlet baru diperkirakan akan membutuhkan SDM sekitar 1.500 karyawan baru.

Sementara itu, sumber di kalangan perbankan mengatakan, Bank Danamon pada tahun 2010 ini merencanakan membuka unit pegadaian dengan membuka unit di Jakarta, Medan, Bandung, Surabaya, dan Makasar. Sistem yang diterapkan adalah gadai syariah dengan emas sebagai jaminan. Pembukaan unit ini terkait peraturan perundangan yang memungkinkan swasta membentuk unit usaha pegadaian. (BNC/Ist)

Tentang Penulis

Leave A Response