Pintar memilih Pisang untuk kesehatan: yang pendek atau yang panjang?

Ditulis 25 Jan 2010 - 21:10 oleh Banyumas1

 

PISANG biasanya selalu dikonsumsi setelah makan, agar dapat mempelancar pencernaan. Tapi, menurut Prof. Senji, Universitas Tokyo Jepang, pisang memiliki khasiat untuk menambah sel darah putih, dapat mengganti sel-sel yang rusak, dan menghasilkan zat TNF yang menangkal sel-sel jahat.

Umumnya, orang-orang Jepang sangat suka mengonsumsi pisang untuk alasan sederhana bahwa  penyakit akan menjauh dengan memakan lima buah pisang setiap hari. Tanda-tanda bintikan hitam pada permukaan kulit saat mulai matang inilah yang akan memproteksi penyakit dari kehidupan manusia. Maka itu, dianjurkan kepada Anda untuk memakan pisang matang setiap hari, demi meningkatkan daya tahan tubuh pada penyakit, terlebih mencegah influenza dan wabah flu lainnya.

Dalam riset ilmiah ini, ilmuwan menguji kepada hewan untuk memakan beberapa buah, antara lain pisang, anggur, apel, semangka, nangka, pear, dan berbagai macam buah lainnya. Hasilnya, menyatakan pisang-lah yang memiliki khasiat untuk menangkal sel-sel jahat karena adanya zat TNF.

Maka, para ahli peneliti beranggapan, pisang bisa memprotek penyakit dan memperpanjang hidup manusia lebih stabil, di saat kondisi tubuh sehat akan menambah tinggi. Tapi bagi orang sakit, daya tahan tubuhnya akan stabil bagi kesehatan.

Kandungan gizi pisang

Pisang memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi dan baik, selain itu pisang juga menyediakan cukup energi dibanding dengan buah-buahan lainnya. Pisang banyak mengandung mineral seperti kalium, fosfor, zat besi dan kalsium. Buah bertekstur lembut ini juga mengandung vitamin C, B kompleks, B6 dan serotonin yang baik untuk kelancaran fungsi otak.

Dalam satu buah pisang, terkandung 11 mg kalsium, 35 mg fosfor, 1 mg zat besi, 503 mg potassium, 260 IU vitamin A, 1 mg niasin, dan 14 mg vitamin C.  Selain itu kandungan khrom pada pisang dapat meningkatkan metabolisme dan memudahkan masuknya glukosa ke dalam sel-sel.

Manfaat pisang tidak hanya sampai di situ, menurut penelitian yang dilakukan ada beberapa penyakit yang dapat diantisipasi dengan pisang :

1. Diverticultis
Yakni radang pada kantong kecil dalam dinding usus. Pisang yang mengandung banyak serat, lemak dan minyak, membuat dinding usus terlindungi dan dapat mengurangi rasa sakit serta dapat menyejukkan karena peradangan.

2. Panas Dalam
Pisang dapat menetralkan refluks asam hidrolik yang terasa di bagian belakang tenggorokan. Pencegahan rasa panas dalam perut bisa diperoleh dari beberapa mineral dalam pisang, khususnya potassium yang bisa memperkuat Lower Esophagel Sphincter (LES) dengan cara meningkatkan kontraksi otot lebuh sering.

3. Anemia
Kandungan besi yang cukup tinggi pada pisang dapat menstimulasi produksi hemoglobin dalam darah untuk membantuk kasus anemia. Selain itu buah tropis ini dapat membantu penurunan tekanan darah dan stroke karena kandungan potassium nya yang tinggi.

4. Mornig Sickness
Ngemil pisang untuk ibu hamil bantu menjaga kadar gula darah sehingga mengurangi morning sickness.

5. Mood
Kandungan vitamin B6 mengatur kadar gula darah, yang dapat mempengaruhi mood. Sehingga apabila Anda sedang mengalami PMS, makanlah pisang. Selain itu pisang juga membuat efek relaks pada penderita depresi. Berdasarkan survey MIND kepada pasien penderita depresi, menunjukkan pasien merasa lebih baik setelah mengkonsumsi pisang. Ini disebabkan pisang mengandung tryptophan yaitu suatu tipe protein yang diubah oleh tubuh menjadi serotonin yang membuat efek relax, memperbaiki mood dan secara umum membuah perasaan bahagia.

Selain dengan memakannya seperti biasa, Anda juga bisa membuat menu kesukaan Anda dengan berbahan dasar pisang. Membuat smoothies, dicampur dengan cereal, di jus dengan campuran buah seperti apel dan pir atau mix dengan salad buah yang biasa Anda makan.

Pilihlah buah pisang yang baik, yakni dengan ciri-ciri pisang yang kulitnya berwarna hijau kekuning-kuningan dengan bercak cokelat atau kuning. Tidak perlu memikirkan pendek atau panjang, karena pendek-panjangnya pisang tergantung jenis pisang.

Apakah pisang setengah matang lebih baik?

Menurut David L. Katz, MD, pakar nutrisi dari Yale University School of Medicine, kandungan nutrisi dalam buah sedikit mengalami perubahan begitu matang. Ketika pisang berubah warna menjadi kuning, kandungan antioksidan (substansi yang bersifat melindungi tubuh dari serangan kanker dan penyakit jantung) meningkat. Anda mungkin akan kehilangan sejumlah kecil nutrisi tapi di sisi lain Anda juga mendapatkan keuntungan dari peningkatan kadar antioksidan.

Pisang terasa semakin manis saat matang. Hal ini, menurut Katz, disebabkan oleh kandungan zat tepung di dalamnya pecah dan berubah menjadi gula. Saat mengonsumsi pisang dalam keadaan yang belum matang, tubuh harus memecah zat tepung tersebut sendiri. Dengan begitu, kadar gula darah Anda akan meningkat secara perlahan.

Akan tetapi, terang Katz, hal ini bukanlah masalah besar. Baik pisang matang maupun yang masih berwarna agak kehijauan sama-sama kaya kalium, vitamin B6, serat dan vitamin C, dan pastinya mengandung kadar gula yang lebih rendah dibadingkan beberapa makanan lain seperti donat.

Bagaimana dengan produk olahan dari pisang, selai misalnya?

Jika tidak suka makan pisang yang belum diolah, Anda bisa menjatuhkan pilihan pada berbagai produk pisang, salah satunya adalah pisang sale. Makanan ringan yang berwarna kecokelatan ini tentu tidak asing lagi bagi Anda.

Bagaimana dengan kandungan gizinya? Kandungan gizinya bergantung pada tingkat kematangan, cara pengolahan dan pengemasan serta jenis pisang yang digunakan. Pisang sale, sama seperti pisang segar, kaya akan karbohidrat dengan kandungan lemak yang relatif rendah, kecuali pisang sale yang digoreng.  Di samping itu, kadar air yang menurun akibat proses pengeringan akan  menyebabkan kandungan mineral di dalamnya semakin terkonsentrasi. Dengan begitu, jumlah mineralnya akan lebih banyak dibandingkan pisang segar dalam jumlah satuan berat yang sama.(PHD/dari berbagai sumber)

aneka pisang

aneka pisang

pisang tanduk

pisang tanduk

pisang susu

pisang susu

hmmm

hmmm

pisang bikin sehat

pisang bikin sehat

Tentang Penulis

& Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. Toto 06/03/2010 pukul 13:17 -

    Pisangsale merupakan produk asli INDONESIA

  2. Irwan M 27/01/2010 pukul 11:07 -

    ha haa.. lucu juga lihat gambar2 pisangnya, kebetulan doyan banget ama pisang :)

Leave A Response