5 jenis batu akik Lukulo Kebumen yang paling digemari

Ditulis 31 Jan 2015 - 23:43 oleh Banyumas1

BanyumasNews.Com – Ada dua daerah di tlatah Banyumas yang menghasilkan batu akik atau batu mulia (gemstone), yaitu batuan Sungai Klawing di Purbalingga dan batuan Sungai Lukulo (kadang ditulis Lukula atau Luk Ulo) di Kebumen. Ada sangat banyak jenis batu akik yang dihasilkan, demikian pula dengan harganya yang sangat bervariasi. Kali ini BanyumasNews.Com mengulas 5 jenis batu akik Lukulo Kebumen yang paling banyak dicari para penggemar batu.

Sungai Luk Ulo (luk = meliuk-liuk, ulo = ular) meliuk-liuk seperti ular sanca yang sedang berjalan. Berhulu di celah bukit Pegunungan Seribu di utara, mengalir ke selatan menuju Samudera Hindia. Di hulu sungai sekitar Karangsambung ada beragam jenis bebatuan : akik, suiseki, biseki, batubara, emas, tembaga dan yang sangat membanggakan warga Kabupaten Kebumen adalah keunikan batu akik yang tak ada tandingan di seluruh wilayah Asia.

Seperti dituturkan Pudjo Raharjo, penghoby batu akik di Kebumen, setidaknya ada 5 (lima) jenis batu akik Kebumen yang paling banyak dicari atau paling digemari : ginggang, cubung wulung, carnelian (kalsedon), badar besi dan naga sui. Seperti apa ciri-ciri 5 jenis batu Lukulo itu? Yuk kita telusuri…

1. Batu Ginggang

batu-akik-ginggangKata ginggang (Jawa) berarti bergeser, bergerak, berubah. Dinamakan batu ginggang karena sifat mineral penyusunnya yang mempunyai kemampuan menyerap cahaya dan energi secara halus dan kemudian memancarkannya kembali ke luar secara searah membentuk suatu pola gerak yang halus seperti aliran air yang tenang.

Tekstur garis-garis dalam batu ginggang terbentuk dari sedimentasi penyusunan yang sangat lama (jutaan tahun). Jenis batuan ginggang sendiri ada bermacam-macam. Ada yang jernih dan ada yang pekat. Semakin tinggi tingkat kejernihan dan kelembutan garis batuan ini, semakin besar pula daya serap dan daya pancar yang dihasilkan.

Para ‘pakar’ batu mengatakan, teknik penggosokan (bentuk/ pola gosokan batu) juga sangat mempengaruhi maksimalnya daya pancar energi serap. Perbedaan tingkat serap, pancar, dan gerak pada masing-masing batu ginggang melahirkan istilah ‘ginggang hidup’ dan ‘ginggang mati’. Ginggang hidup memiliki nilai komersil yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan ginggang mati.

2. Batu Cubung Wulung

cubung wulung1Batu cubung (biasa juga disebut kecubung) wulung berwarna hitam mengkilap dengan kemilau tersendiri dibanding kecubung lain. Jika disenter ataupun diterawang akan ada warna kemerah-merahan atau keungu-unguan. Tingkat kekerasan cukup tinggi di banding batu akik pantai seperti topaz, limau anis, kinyang, dll. Batu cubung wulung agak sedikit berat.

Setiap kecubung wulung akan tembus jika disenter, juga tidak mudah tergores. Yang unik jika diteteskan dengan air, air tersebut akan menggumpal di atas batu akik ini. Dilihat dari jarak sekitar 5 cm, kita dapat sedikit bercemin di mata si cubung wulung.

3. Batu Warna Jenis Carnelian atau Chalsedony

carnelianBatu jenis chalsedony ini nama lokalnya biasa disebut sebagai batu kalsedon. Jenis batu ini memiliki texture bentukan kristal yang lembut di dalamnya dan masih bisa menyimpan tembus cahaya jika disenter. Ada banyak jenis warna dari batu kalsedon ini. Carnelian masuk dalam varian Chalsedony.

Ada mitos tentang batu Carnelian ini. Sekitar tahun 1700 an, Carnelian dikatakan dapat memberikan kekuatan dan perlindungan, membawa keberuntungan serta kenyamanan. Di tahun 1800 an, Carnelian dianggap mampu menolong orang yang memerlukan keberanian untuk berbicara.

4. Badar Besi

badar besi lukuloBatu jenis ini nempel magnet dikarenakan mengandung percikan besi di dalam batunya. Selain keunikannya, yakni memiliki kadar besi yang tinggi sehingga menempel jika didekatkan magnet, batuan badar besi sangat sulit ditemukan di daerah lain di luar Kebumen.

Berbeda dengan batuan motif ginggang yang ditemukan di alur Sungai Luk Ulo. Sebagian besar batu badar besi Kebumen diperoleh dengan cara menambang. Salah satu kawasan penghasil batu badar besi terbaik ialah wilayah Kecamatan Karanggayam. Di salah satu perbukitan yang disebut Bukit Bulu Beras merupakan lokasi yang banyak ditemukan batu jenis ini. Tak heran, di kawasan yang juga populer disebut sebagai gunung badar besi itu banyak dijumpai warga sedang menambang batu badar besi.

5. Naga Sui

nagasuiHampir semua peminat batu mengenal dan tahu tentang batu Nagasui (sering pula dieja Nogo Sui). Di dunia internasional batu ini disebut bloodstone (heliotrope). Batu naga sui adalah batu jasper yang berwarna dasar hijau dengan bercak-bercak merah seperti darah. Batu ini akan tampak seperti batu badar lumut yang terkena bercak darah. Banyak orang salah dalam menyebut batu naga sui dengan jasper biasa atau jasper panca warna, padahal naga sui merupakan batu bloodstone itu sendiri. Sungai Lukulo menjadi salah satu penghasil batu jenis ini.

Mitos yang berkembang batu naga sui adalah batu yang terpercik darah kristus ketika disalib, makanya orang Prancis menamakan naga sui dengan sebutan Le Shang Du Christ (batu darah kristus). Ada-ada saja ya… tapi itulah mitos yang berkembang. Karenanya naga sui dianggap sakral oleh orang-orang nasrani. Orang Yunani menyebut batu ini dengan Heliotrope, dan sejak dulu digunakan sebagai penangkal kekuatan iblis. Bloodstone merupakan lambang akan kebenaran dan keadilan. Serta dikenal sebagai ‘batunya para pejuang’ karena biasanya dipakai sebagai acsesoris pada perisai, pedang, dan baju zirah.(BNC/phd/berbagai sumber/foto: google image)

Tentang Penulis

& Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. ahmadrifai 31/07/2015 pukul 22:22 -

    JUAL BONGKAHAN BACAN DOKO SUPER
    ASLI DARI HALMAHERA SELATAN ( PULAU KASIRUTA )
    BAHAN BACAN SUPER KRISTAL MALUKU UTARA.
    Kondisi bahan ;.
    – Bahan / rough bacan doko asli bukan sintetis.
    – Bahan tua (galian lama).
    – Kualitas super kristal- Sudah tembus.
    – Bahan keras dan padat.
    – Siap gosok poles.
    – Daging utuh, tanpa kapur.
    – Tidak rapuh, tidak mudah pecah / retak.
    – Deskipsi sesuai apa adanya, harap diperhatikan dengan baik
    Daftar harga :
    1 0ns ; Rp 500rb
    5.ons Rp.1.250.000
    1.kg Rp 2.500.000
    5 kg Rp 6.000.000
    10 Kg Rp 8.000.000
    15,kg Rp.10,000,000,
    Melayani Pembelian Per Kilo Dan Per Ons Untuk Bongkahan
    Kita Juga Melayani Pembelian Luar Daerah Dan Luar Kota
    setiap pembelian perkilo dapat bonus 1 permata batu bacan dan bongkahan batu bacan ukuran kecil Origin untk yg mau pesan hub ;
    Hp.085298487117 atau 081998328877
    pin :584BDC38

  2. Benni Aditya 01/06/2015 pukul 23:27 -

    Jual bongkahan batu bacan asli dari ternate,barang udah tembus cahaya dan keras dan padat semua tidak rapuh,mudah di bentuk kalau di buat permata,dan udah daging semua tidak ada kapur, dan semua barang kami udah keristal semua dan tidak perlu di rawat lagi.Bongkahan batu bacan saya hasil tambang sendiri,kami menjual bacan doko super kristal dan palamea.Bongkahan batu bacan saya hasil dari tambang sendiri jangan heran kalau harganya murah mass

    Daftar harga sebagai berikut;
    BACAN DOKO DARI TERNATE (Maluku Utara)
    -Berat 1 Ons Rp 500 Ribu
    -Berat 5 Ons Rp 1 Juta 250 Ribu
    -Berat 1 Kg Rp 2 Juta 500 Ribu
    -Berat 2 Kg Rp 4 Juta 200 Ribu
    -Harga masih bisa nego dikit mass,setiap pembelian perkilo dapat bonus 1permata batu bacan.

    BACAN PALAMEA DARI HALMAHERA (Maluku Utara)
    -Berat 1 Ons Rp 500 Ribu
    -Berat 5 Ons Rp 1 Juta 200 Ribu
    -Berat 1 Kg Rp 2 Juta 200 Ribu
    -Berat 2 Kg Rp 4 Juta
    -Harga masih bisa nego dikit mass,setiap pembelian perkilo dapat bonus 1permata batu bacan.

    Melayani Pembelian Per Kilo Dan Per Ons Untuk Bongkahan
    Kita Juga Melayani Pembelian Luar Daerah Dan Luar Kota
    Bagi Pecinta Bacan Yang Minat Silahkan Langsung Hubungi
    Kartu XL;087842902216
    Kartu AS;082330690216
    Kartu IM3;085824196216
    PIN BB: 53DD0682

    #.stock terbatas
    Siapa cepat dia dapat
    Bagi yg merasa sudah minat dan ingin transaksi pembelian dengan kami,
    Adapun cara yg kami sediakan:COD bisa silahkan datang ke alamat saya di daerah Halmahera selatan
    Alamat:Jl.Rawabadak rt 004 rw 007,desa amasing kota utara kec.Bacan,halmahera selatan maluku utara,dan bagi peminat batu bacan di luar kota bisa kami kirim melalui jasa pengiriman seperti:JNE/TIKI/KANTOR POS Dan Melalui Muatan Udara,jika barang sudah kami kirim,kami berikan no.resi pengiriman barang yang anda pesan

  3. Adi 04/05/2015 pukul 10:39 -

    Surga nya batu adalah karangsambung kebumen Cek —–> http://batuakiklukulo.com/

  4. ozone 17/04/2015 pukul 09:18 -

    Saya Puntya banyak Koleksi batu Kebumen yang cantik dan antik … ada yang minat ?

  5. Rodin Saputra 14/03/2015 pukul 08:45 -

    http://lukulomedia.com/batu-permata/ bisa jadi sarana tempat jualan batu kebumen

  6. Geo 03/03/2015 pukul 04:15 -

    Mantap, ijin share.
    Terima kasih.

Leave A Response