KA Kamandaka Purwokerto – Semarang kini 3 kali perjalanan tiap hari

Ditulis 13 Jan 2015 - 01:28 oleh Banyumas1

launcing KamandakaPURWOKERTO – Perjalanan Purwokerto ke Semarang dan sebaliknya kini tersedia rangkaian kereta api (KA) Kamandaka. Kereta yang diluncurkan pada 17 Februari 2014 ini semula dioperasikan satu kali perjalanan. Namun tahukah Anda, kini KA Kamandaka sudah beroperasi 3 (tiga) kali perjalanan setiap hari? Belum genap setahun, KA Kamandaka sudah mengalami peningkatan pesat dalam operasinya, karena tingginya animo masyarakat di jalur yang dilewati, dari mulai Purwokerto, Bumiayu, Slawi, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Kendal dan Semarang.

Jadwal keberangkatan dari stasiun Purwokerto ke Semarang masing- masing pukul 05.00 pagi, pukul 11.00 siang dan pukul 17.50 sore. Sedangkan pemberangkatan dari stasiun Semarang Tawang menuju Purwokerto masing- masing pukul 05.00 pagi, pukul 11.10 siang dan pukul 17.00 sore. Jadwal tiba di stasiun-stasiun yang dilewati adalah sbb:

Jadwal KA Kamandaka

Jadwal KA Kamandaka mulai 19 Desember 2015

KA Kamandaka berhenti di stasiun  Bumiayu, Slawi, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Weleri dan Semarang Poncol. Waktu tempuh ketiga KA Kamandaka dari Purwokerto ke Semarang atau sebaliknya 4.5 jam. Tarif yang berlaku saat ini untuk tujuan Purwokerto-Semarang dan sebaliknya bertingkat mulai Rp. 60 ribu s/d Rp. 90 ribu. Kebijakan tarif ini terkait dengan letak gerbong dan tempat duduk di gerbong.

Penambahan KA Kamandaka sudah dimulai 19 Desember 2014, menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2015. Executive PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 4 Semarang Wawan Ariyanto, saat peluncuran mangatakan penambahan menjadi tiga kali dalam sehari karena okupansi KA Kamandaka relatif tinggi. Setiap hari rata-rata mencapai 150 persen karena adanya penumpang dinamis yang naik-turun di stasiun yang dilewati. Meskipun okupansi total lebih dari 100 persen namun dijamin tidak ada penumpang yang berdiri.

Namun sekalipun peluncuran 3 kali perjalanan KA Kamandaka hampir berjalan 1 bulan, belum semua warga masyarakat yang sering bepergian ke Semarang dari Purwokerto mengetahuinya. Dengan 3 kali perjalanan memberi keleluasaan dari segi pengaturan jadwal. “Wah kalau tahu ada kereta yang berangkat jam 11 siang, saya pilih naik kereta api”, kata S Supriyanto (52) yang sering berpergian ke Semarang dan harus tiba sore hari. “Kalau berangkat pukul lima pagi terlalu gasik, syukur sekarang ada yang berangkat siang”, lanjut karyawan bank swasta nasional itu. (BNC/phd)

 

Tentang Penulis

Leave A Response