Bukit Longsor,Jalur Utama Ajibarang-Wangon Lumpuh

Ditulis 22 Jan 2010 - 20:57 oleh Banyumas1

BANYUMAS-Hujan deras yang mengguyur wilayah Banyumas, Jawa Tengah mengakibatkan sebuah bukit yang berada di sisi jalan Jumat (22/01) sore ambrol. Longsoran menimpa jalan nasional di jalur utama Ajibarang- Cilacap. Akibatnya ratusan kendaraan harus antre menunggu hingga tanah yang menimbun tersebut disingkirkan.

Pemantauan BNC di lokasi,bukit setinggi 70 meter yang berada di Desa Cikakak Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas ini longsor saat hujan deras mengguyur wilayah tersebut, sekitar pukul lima sore. Gumpalan tanah yang ambrol dari sisi timur jalan langsung menimbun dan menutup jalan hingga setinggi dua meter.

Dua kendaraan bego dikerahkan untuk mengeruk tanah yang berada diatas jalan. Namun karena material tanah yang banyak, kedua kendaraan berat tersebut hingga semalam belum berhasil menyingkirkan seluruh longsoran tanah.

Sejumlah warga yang rumahnya berada tak jauh dari lokasi menuturkan, beruntung saat kejadian lalu lintas di jalan tersebut sepi. Meski begitu ratusan kendaraan yang hendak melintas di lokasi itu terpaksa harus menunggu hingga seluruh longsoran berhasil disingkirkan. “Untungnya lagi sepi mas, jadi ndak ada kendaraan yang tertimbun,” ujar Wardi warga setempat.

Jalan nasional yang menghubungkan Kecamatan Ajibarang dengan Wangon ini lumpuh total. Sejumlah bus bus dari arah Purwokerto yang hendak menuju Jawa Barat lewat Kota Wangon dialihkan melalui Purwokerto-Jatilawang.

Longsor di lokasi ini merupakan kali kedua. Pada tahun 2007 longsor di tempat tersebut menewaskan seorang warga (BNC/mut)

Tentang Penulis

Leave A Response