Owabong Peringkat I Sapta Pesona Toilet Umum Bersih

Ditulis 02 Okt 2014 - 21:20 oleh Yit BNC
Owabong

Owabong

PURBALINGGA – Obyek wisata air Bojongsari (Owabong) Purbalingga menempati posisi peringkat I nasional penghargaan Sapta Pesona Wisata toilet umum bersih. Penghargaan ini diberikan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) terhadap taman rekreasi buatan untuk kategori air (water park) dan tematik (theme park) yang dikelola oleh Pemerintah.
Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Dinbudparpora) Purbalingga, Ir Prayitno, M.Si mengatakan, Sapta Pesona wisata mengandung unsure aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan kenangan yang merupakan elemen dasar pariwisata. Elemen ini perlu diterapkan demi mewujudkan citra wisata Purbalingga yang bersih.
“Pemberian penghargaan ini juga sebagai apresiasi dan motivasi kepada para pengelola toilet umum bersih di taman rekreasi, serta agar mutu pelayanan pengelolaan toilet bersih meningkat,” kata Prayitno, Selasa (30/9).
Prayitno mengatakan, penghargaan diberikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Dadang Rizki Ratman, pekan lalu. “Rangkaian kegiatan penilaiannya sudah dimulai sejak bulan Mei 2014 lalu,” katanya.
Prayitno menambahkan, penghargaan toilet bersih tahun ini diberikan kepada para pengelola taman rekreasi buatan dari 18 provinsi di seluruh Indonesia. Kegiatan Penghargaan Sapta Pesona Toilet Umum Bersih 2014 di Taman Rekreasi Buatan 2014 ini adalah yang kedua kalinya setelah sebelumnya digelar pada 2012. Penghargaan ini juga merupakan kelanjutan dari Penghargaan Toilet Umum Bersih di Bandara (2007, 2009, 2011, dan 2013), Museum (2008), Kebun Binatang (2010), dan Taman Rekreasi Buatan (2012).
“Tahun 2014 ini, Purbalingga mengirimkan dua taman wisata buatan masing-masing Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuranmas dan Owabong. Namun, yang lolos nominasi dan meraih peringkat I adalah Owabong. Ini tentu sangat membanggakan kami dalam memberikan pelayanan kepada wisatawan yang berkunjung ke Owabong,” tambah Prayitno. (BNC)

Tentang Penulis

Leave A Response